oleh

Hari Kedua Kunjungan di Papua, Dankodiklatad Kunjungi Poskotis 210 Yonif 315/Grd

OKEBUNG|
Masih dalam rangka kunjungan Dalwasev ke satuan operasional TNI AD yang bertugas dalam Satgas Pamrahwan, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. didampingi Danpussenif Kodiklatad, Letjen TNI Arif Rahman, M.A. meninjau langsung Pos Komando Taktis (Poskotis) 210 Batalyon Infanteri 315/Grd yang terletak di Kecamatan Timika Timur, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Rabu (13/10/2021)

Tiba dengan pengawalan ketat di Poskotis Batalyon 210 Yonif 315/Grd, Dankodiklatad beserta Danpussenif disambut langsung oleh Dansatgas yaitu Danyonif 315/Grd, Letkol Inf Suryanto beserta Perwira Staf. Kegiatan dilanjutkan paparan oleh Dansatgas tentang Tugas Pokok Satgas Pamrahwan Yonif 315/Grd, Kondisi Medan Operasi, Tantangan Tugas dan Komposisi serta Dislokasi Pasukan.

Setelah menerima paparan dari Dansatgas, Dankodiklatad lantas memberikan pengarahan kepada anggota Poskotis Satgas Pamrahwan Yonif 315/Grd. Beberapa penekanan yang diberikan di antaranya agar Dansatgas beserta Perwira Staf jangan terlena dan mewaspadai waktu-waktu kritis dalam masa penugasan, selain itu beliau mengingatkan agar satgas melaksanakan pendataan yg kuat kepada masyarakat serta senantiasa menunjukkan kesiap siagaan pasukan. Berbekal pengalaman yang dimiliki Dankodiklatad saat melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan di Papua selama 14 bulan, beliau juga mengingatkan agar seluruh prajurit menerapkan disiplin baik di dalam markas maupun di luar saat melaksanakan patroli.

Selain beberapa penekanan di atas, Dankodiklatad pun mengingatkan pentingnya menjaga komunikasi antar satuan tugas dan antar posko, menjaga kesehatan khususnya terhadap penyakit malaria dan terakhir agar para Perwira giat memanfaatkan media sosial sebagai upaya mengimbangi propaganda lawan.

Yonif 315/Grd ditugaskan di Papua selama 9 bulan dan saat ini sudah berjalan 4 bulan. Satuan ini menggantikan Satgas Pamrahwan Yonif 756/Wms dari Kodam XVII/Cen dan telah melaksanakan tugas dengan baik khususnya di bidang teritorial, pengamanan dan operasi. Satuan yang berkedudukan langsung di bawah Korem 061/SK Bogor ini juga dinilai memiliki kreatifitas yang tinggi dalam pelaksanaan tugasnya.

Pada kunjungan ini pun Dankodiklatad sempat bernostalgia dengan mantan anggotanya yang bersama-sama dengan beliau saat menjabat sebagai Danrem 061/SK Bogor dimana beliau pernah bertugas selama 13 hari di ketinggian Gunung Salak dalam rangka evakuasi korban kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 tahun 2012.

Kegiatan di Poskotis 210 Yonif 315/Grd diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Dankodiklatad dan Danpussenif Kodiklatad kepada Dansatgas Yonif 315/Grd dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pos Borovit untuk meninjau kondisi prajurit yang sedang bertugas.

Di sela-sela padatnya kegiatan di Timika, Dankodiklatad bersama Danpussenif Kodiklatad berkesempatan mengunjungi venue cabang Olah Raga Atletik PON XX 2021 untuk memberikan dorongan semangat kepada para atlet muda yang berlaga di ajang final di antaranya Lompat Tinggi, Lempar Cakram dan beberapa kategori Sprint. Pada kesempatan yang baik, Dankodiklatad dan Danpussenif Kodiklatad mendapat kehormatan untuk mengalungkan medali kepada atlet yang berprestasi.

(Penerangan Kodiklatad)

Berita Lainnya