oleh

Hari Ini,Kartu Indonesia Pintar Diluncurkan Presiden Jokowi

OKEBUNG|
Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo (Jokowi) hari ini,Senin (03/11/2014)aakan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Peluncuran tersebut dilakukan di lima titik di DKI Jakarta.

Sebagaimana dikutip dari laman Setkab, KIP dahulunya merupakan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Program KIP menyasar 24 juta anak kurang mampu yang sebelumnya menerima BSM. Ia juga menjangkau anak kurang mampu lainnya yang tidak sekolah dengan harapan dapat menuntut ilmu lagi.

Setiap siswa SD akan mendapat Rp225 ribu per semester. Besaran KIP untuk siswa SMP adalah Rp 375 ribu per siswa per semester, dan Rp500 ribu untuk pelajar SMA/SMK per siswa per semester.

Guna mencairkan dana ini, siswa membawa kartu mereka ke bank atau outlet lain yang ditunjuk Bank Mandiri. Pencairan KIP dilakukan tiap enam bulan sekali.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyampaikan, jangkauan KIP akan lebih luas dari BSM. KIP juga akan menjangkau para pelajar di lembaga informal, nonformal, balai kerja dan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

“Dengan begitu, KIP diharapkan dapat menjangkau pendidikan meski bukan di lembaga pendidikan formal,” ujar Anies.(net\admin)

Foto:internet\dok.

News Feed