oleh

Gunung Gamalama Meletus,Semburan Abu Vulkanik Setinggi 200 Meter

OKEBUNG |
Diakhir tahun bencana alam kerab terjadi.Kali ini, Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara meletus pada pukul 22.41 WIT,Kamis (18/12/2014). Akibat letusan gunung tersebut menyemburkan abu vulkanik setinggi 200 meter dari puncaknya dan kepulan asapnya mengarah ke timur.

Hujan abu vulkanik yang diduga akibat meletusnya gunung Gamalama di Maluku Utara, mengguyur kota Ternate. Sebagian wilayah pesisir barat pulau Ternate yakni kecamatan Ternate Tengah hingga Selatan, digujur hujan abu yang cukup deras.

“Telah terjadi letusan Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara pada tanggal 18 Desember 2014, pukul 22.41 WIT,” jelas Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono dalam rilisnya, Kamis (18/12/2014) malam,melansir okezone.com.

Menurut Surono, sebelum terjadi letusan, telah terjadi peningkatan kegempaan yang sudah dimulai pada pukul 17.30 WIT, dan meningkat tajam pada pukul 22.09 WIT. Peningkatan kegempaan tersebut telah dilaporkan ke Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD). Status gunung tersebut, lanjut Surono, kini telah dinaikkan menjadi siaga, dari yang sebelumnya waspada.

“Peningkatan kegempaan tersebut telah dilaporkan ke BPBD. Dan status waspada dinaikkan menjadi siaga,” pungkas Surono.

Meski dikabarkan meletus, tidak terlihat adanya kepanikan warga Ternate. “Hanya saja, sangat menggangu para pengendara jalan akibat tebalnya abu yang membuat jarak pandang menjadi terganggu. Belum lagi bagi pengendara sepeda motor yang terganggu akibat perihnya mata karena debu,” ujar Hartony, salah satu warga yang diwawancarai.

Akibat hujan debu ini, jalan-jalan di Ternate terlihat sepi. Sejumlah ruas jalan protokol yang biasanya ramai dilalui pengerdara, terpantau lengang akibat tebalnya debu yang turun maupun yang bertebaran di jalan-jalan.(Admin)

Foto:internet/

News Feed