oleh

Gubsu Apresiasi Pansus Persiapan Menghadapi MEA

OKEBUNG|
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengapresiasi  Panitia Khusus (Pansus) topik Bagaimana Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), oleh DPRD provinsi Sumut.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Pansus Gabungan Komisi B dan Komisi E  DPRD Sumut yang dipimpin dipimpin Ketua Pansus Ikrimah Hamidy, ST, MSi dengan Gubsu di Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman No.41 Medan, Rabu (15/4).

Bentuk apresiasi tersebut, Gubsu langsung memerintahkan Plh Sekdaprovsu Hj R Sabrina untuk turut serta bermitra dengan DPRD untuk membentuk suatu Pokja dalam membahas persoalan MEA yang dalam waktu dengan akan dihadapi.

“Nantinya, bisa digelar pertemuan rutin Pemerintah,  DPRD dan Instansi terkait tiap bulanya pada rapat informal dan saya akan hadir” ujar Gubsu.

Orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut, berharap, dengan keikutsertaan DPRD tersebut, maka persoalan- persolan dan kendala-kendala yang akan terjadi dalam menghadapi MEA bisa dicari jalan keluar.

Sementara Ketua Pansus MEA, Ikrimah Hamidy ST MSi hadir bersama anggota lainnya menyampaikan tujuan pertemuan itu Persiapan menghadapi MEA yang ada beberapa penyampaian diantaranya merak ingin mensinergikan potensi potensi yang ada di Sumut untuk persiapan menghadapi MEA.

“Sebelumnya kita telah mengadakan rapat dengan pendapat dengan berbagai pihak dan ternyata dibutuhkan sinergitas antara potensi-potensi ini untuk menghadapi MEA itu seperti dengan Kadin kita sudah kominikasi dan Kadin siap untuk terus menjadi mitra kita,” ujarnya.

Mereka, lanjutnya siap untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan dilapangan. “Nantinya ada rapat-rapat setiap bulan untuk membicarakan kendala-kendala apa yang dihadapi dalam rangka menghadapi MEA ini,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihaknya akan melakukan rapat dengan pendapat dengan intansi terkait seperti Pelindo dan Angkasapura.

“Kita ingin melihat arus barang dan jasa masuk dan keluar. Kalau ada masalah terkait kita selesaikan,” harapnya.

Tujuanya, agar kita juga fokus untuk mempersiapkan kopetensi dari 8 Profesi yang pada MEA nanti yang akan bebas masuk beraktifitas ke negara Indonesia termasuk Provinsi Sumut.

“Sehinga kita bisa bersaing dengan dengan negara-negara lain,” tutupnya.[cok]

News Feed