oleh

Gerakan Budaya Membaca Wujudkan SDM Berkualitas



PENYERAHAN BUKU :
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, Direktur Program USAID PRIORITAS Stuart Weston, Manager Officer USAID Prioritas Mimi Santika menyerahkan hibah buku bacaan berjenjang kepada perwakilan guru pada acara Diskusi Perkembangan Program USAID PRIORITAS dan penyerahan hibah buku bacaan berjenjang Kabupaten Serdang Bedagai bertempat di Aula Sultan Serdang, Kamis Sore (31/3).Photo : Doc. Bp-WR


Buanapos-Sei Rampah,
Dalam visi pemerintah 5 (lima) tahun ke depan yaitu menjadikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi kabupaten yang unggul, inovatif, bertanggung jawab dan berkelanjutan, dunia pendidikan merupakan bagian yang sangat penting untuk mencapai impian besar kita kedepan.

Dengan mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas maka pembangunan akan berjalan lancar dan sesuai kebutuhan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada acara Diskusi Perkembangan Program USAID PRIORITAS dan Penyerahan Hibah Buku Bacaan Berjenjang bertempat di Aula Sultan Serdang komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis Sore (31/3).

Turut hadir Direktur Program USAID PRIORITAS Stuart Weston, Manager Officer USAID Prioritas Mimi Santika, Perwakilan dari Biro Sosial Provsu Dra. Rosmawaty Nadeak, M.Pd, Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Perwakilan dari Yayasan Literasi Indonesia Cabang Bali Fourgelina, Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM, Sastrawan Saut Poltak Tambunan, Para Kepala Sekolah dan Guru.

Bupati Sergai Ir. Soekirman juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada USAID PRIORITAS Indonesia yang telah memilih Kabupaten Sergai untuk dilihat secara langsung hasil-hasil program Usaid PRIORITAS yang telah dicapai.

Dijelaskan Bupati Soekirman, perlu diketahui bersama program USAID PRIORITAS yang telah berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai melalui Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan program-program yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan saat ini telah memasuki tahun ke-2 tahun ini.

Walau masih terbilang baru tetapi sinergitas ini sudah memberikan perubahan yang menuju inovasi mutu pendidikan di Sergai seperti yang kita harapan bersama, ujar Ir. H. Soekirman.

Apa yang dilakukan USAID PRIORITAS dengan program MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) atau yang sekarang disebut dengan istilah guru pembelajaran adalah program yang melibatkan semua multi stakeholder dalam pendidikan.

Sekarang melalui program buku berjenjang dengan target capaian anak-anak kita di kelas 1, 2 dan kelas 3 di 160 sekolah non mitra dan 16 sekolah mitra.

Bupati Soekirman berharap program buku bacaan berjenjang ini sama sukses dan berhasilnya dengan program-program sebelumnya sehingga dapat menumbuhkan mental dan intelegensia anak terkhusus masyarakat Sergai secara berkesinambungan, papar Bupati Sergai.

Diakhir sambutan Bupati Sergai mengharapkan bahwa peran guru turut mempengaruhi minat baca anak-anak Indonesia. Karena itulah program meningkatkan minat baca kini kita galakkan seperti gerakan membaca lima belas menit setiap hari sebelum memulai pelajaran yang telah kita laksanakan bersama.

Dengan momentum kehadiran dan perhatian dari Direktur USAID PRIORITAS Indonesia sudah sepatutnya dapat menjadi suatu cambukan semangat positif untuk meningkatkan semangat dalam membangun karakter bangsa masyarakat khususnya Sergai yang lebih baik lagi, pungkas Soekirman.

Sementara Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM melaporkan bahwa Pemkab Sergai bertekad terus bekerja keras dalam memberikan layanan pendidikan terbaik bagi warga. Salah satunya diwujudkan melalui Gerakan Budaya Membaca.

Gerakan ini tidak hanya melibatkan pelajar tetapi pemerintah dan juga masyarakat. Gerakan ini merupakan respon Sergai atas seruan Mendikbud Anies Baswedan untuk menyediakan waktu membaca di sekolah.

Deklarasi ini merupakan tindaklanjut dari kemitraan Pemkab Sergai dengan USAID PRIORITAS. Para guru dan kepala sekolah mitra telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari program USAID PRIORITAS dalam menerapkan praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca.

Untuk hasil yang akan dicapai nantinya yakni semakin baik keterampilan membaca siswa, semakin banyak pula informasi yang didapat sehingga semakin besar kemungkinan berhasil dalam belajar.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama rombongan USAID PRIORITAS melakukan kunjungan ke SD Negeri No. 108293 Perbaungan yang mempunyai 6 Kelas Pembelajaran Literasi dan SMP Negeri 3 Perbaungan dengan 18 Kelas Literasi yang disambut Camat Perbaungan Drs. H. Akmal, Kepala Sekolah SDN No. 108293 Farida Erawati, S.Pd, M.Pd dan SMPN 3 Perbaungan Tagor, M.Pd.(Ramadhan)

News Feed