oleh

FBI dan Polisi Temukan Lukisan Seharga Jutaan Dolar

OKEBUNG |
FBI dan Kepolisian Los Angeles (LA) berhasil mengembalikan sembilan lukisan seharga jutaan dolar setelah dicuri dari rumah pasangan lansia pada enam tahun lalu. Lukisan yang ditemukan termasuk karya-karya Marc Chagall dan Diego Rivera.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (18/12/2014), menurut Juru Bicara FBI Laura Eimiller, lukisan-lukisan itu ditemukan dalam sebuah operasi FBI. Tersangka bernama Paul Espinoza (45). Dia ditangkap saat menjual karya seni curiannya ke agen FBI yang menyamar.

Saat ini pihak Kepolisian LA dan FBI masih terus menyelidiki serta mencari tersangka lainnya. Pada Agustus 2008, tiga lukisan juga pernah dicuri dari rumah pasangan tersebut. Itu merupakan pencurian terbesar dalam sejarah di sana.

Saat kejadian, pasangan itu sedang berada di kamar. Mereka tidak mendengar apa-apa saat pencurian. Pembantu mereka pun sedang keluar rumah untuk belanja. Tiba-tiba saja lukisan di lorong dan ruang tamu hilang ketika pembantu sampai di rumah.

Bulan lalu kedua pasangan itu mengumumkan hadiah sebesar USD200.000 bagi mereka yang berhasil mengembalikan dan menangkap pencuri. Namun, kasus itu tidak tetap saja dingin sampai September 2014, ketika polisi mendapat informasi seorang pria di Eropa yang dikenal sebagai Darko yang menjual karya seni curian.

Di antara beberapa lukisan yang ditemukan FBI adalah karya Chagall “Les Paysans” dan Rivera “Petani Meksiko”. Namun, Espinoza bersikeras tidak mengakui kesalahannya pada 27 Oktober.
(Okz/Net)

Foto:dok.net/

News Feed