oleh

Emas Dunia Turun Disebabkan Penguatan Dolar

OKEBUNG|
Harga emas ditutup lebih rendah pada hari Jumat. Hal ini dikarenakan rally pasar ekuitas dan data ekonomi AS yang kuat membuat melemahnya permintaan untuk logam mulia sebagai asuransi terhadap risiko.

Penjualan rumah baru AS untuk satu keluarga naik tinggi sejak enam tahun lalu di September. Tapi, revisi ke bawah tajam untuk penjualan Agustus mengindikasikan pemulihan perumahan tetap tentatig.

Bullion mencatat penurunan mingguan 0,5 persen, setelah dua minggu naik berturut-turut didorong oleh kekhawatiran baru tentang pertumbuhan ekonomi global.

“Data AS telah menenangkan saraf tentang ekonomi yang lebih luas, dan yang telah menempatkan tekanan pada emas dalam beberapa hari terakhir, seperti telah puas menikmati tawaran safe haven,” ujar analis Macquarie Matthew Turner, mengutip laman Reuters, London, Sabtu (25/10/2014).

Harga emas di perdagangan Spot turun 0,1 persen pada USD1.231,14 per ounce. Sementara itu di perdagangan emas berjangka AS Comex menggungguli Spot, menetap sampai USD2,70 pada USD1,231.80 per ons, dengan volume yang lebih rendah dari biasanya.

Dolar turun 0,2 persen terhadap sekeranjang mata uang utama pada hari Jumat, tetapi ditetapkan untuk memposting keuntungan 1 persen dekat selama seminggu setelah dua minggu menurun.

Holdings di SPDR Gold Trust, exchange-traded fund bullion top dunia, jatuh ke level terendah sejak akhir 2008 minggu ini di tanda berlama-lama sentimen bearish di pasar bullion.

Dana tersebut pekan ini mencatat penurunan persentase harian terbesar dalam kepemilikan dalam setahun, meskipun lompatan harga ke level tertinggi enam minggu.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik tipis 0,1 persen menjadi USD17,17 per ounce pada hari Jumat.

Platinum turun 0,3 persen menjadi USD1.244,60 per ons, sedangkan paladium menurun 0,1 persen menjadi USD776,40 per ons, sehingga pemain terbaik minggu ini antara logam mulia dengan melompat 4 persen.(okz\net)
Foto:ilustrasi emas/nnet

News Feed