oleh

Dua Pria Ngaku Wartawan Tipu 142 Calon PNS

JAWA BARAT-OKB|
Aksi penipuan dua oknum wartawan dan seorang pria mengaku pegawai BKN ini sungguh luar biasa dan patut diacungkan jempol.Pasalnya,sebanyak 142 orang calon PNS bisa terbujuk rayu ketiga sehingga uang ratusan juta raib digondol ketiganya.Ironisnya,ada empat korban yang masih sedulur (sekeluarga,red)bisa ditipu ketiganya.

Akibatnya,uang Rp 420 juta hasil penjualan sawah dan kebun milik sedulur tersebut raib digondol tiga pelaku.Beruntung pihak polisi berhasil menangkap tiga pelakunya setelah  Dede Rohman (50) asal Tarogong, Kabupaten Garut,Provinsi Jawa Barat melapor ke polisi.

“ Pihaknya telah mengamankan ketiga pelaku. Dua pelaku mengaku wartawan dan satu mengaku pegawai BKN,“ ujar Kapolres Garut AKBP Arif Rachman.

Disebutkannya, identitas pelaku SP (44) SA (40)  mengaku wartawan, sedang IR, asal Tangerang mengaku pegawai BKN. “ Hasil penyelidikan ada  142 korban calon PNS. Total kerugian Rp 800 juta,“ ungkapnya.

Kapolres menerangkan bahwa hasil pemeriksaan, penyidik sempat terkejut pasalnya, ada 14 kerabatnya (keluarga besar) yang ingin menjadi PNS tertipu. “ Mereka kini meminta supaya para pelaku dipenjara dan uangnya bisa kembali. Warga Tarogong ini sudah menyetor uang ke tersangka Rp 420 juta,“ tambahnya.

Modus yang dilakukan para pelaku,kata Kapolres, tersangka SA dan SP (44) yang mengaku wartawan bertugas mencari korban  di Garut. Uang yang didapat disetorkan ke  IR warga Tangerang yang mengaku pegawai BKN.  Tersangka IR yang mengeluarkan SK PNS.

Aksi penipuan ini dilaporkan korban karena sudah setahun lebih SK PNS tak kunjung diterima. Buntut kasus ini Kapolres mengaku mengamankan barang bukti berupa 8 identitas kewartawanan, senpi, dan kuitansi uang dari para korban. (Pkt/Net)

Foto:Ilustrasi/

News Feed