oleh

Dorong Percepatan Pembangunan di Papua, Danrem 172 Dukung Gemapi Dalam Berwirausaha

OKEBUNG|
Dalam upaya mendorong percepatan pembangunan di Papua, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mendukung penuh Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) menciptakan kader-kader Pemuda yang mampu melebarkan sayap di sektor wirausaha khususnya di sektor pangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 172/PWY, Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, dalam rilis tertulisnya di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (4/8/2020).

Diungkapkan Kapenrem, audiensi pengurus Gemapi kepada Danrem ini turut didampingi Kasiter Korem 172/PWY Letkol Inf Fitriana Nur Heru, di Makorem pada Senin (3/8/2020).

Sementara itu, saat menerima pengurus Gemapi, Danrem Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, berwirausaha lewat sektor pangan dapat menarik banyak mahasiswa-mahasiswa untuk ikut bergabung dengan Gemapi.

“Sebaiknya dimulai dari produk tanaman jangka pendek, yang saat ini masih didatangkan dari luar Papua seperti bawang merah dan bawang putih,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, potensi pangan lokal berupa ubi-ubian, jagung, sayuran, juga peternakan dan perikanan, merupakan komoditi unggulan Papua yang dapat membangun ketahanan pangan, khususnya untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid 19 saat ini.

“Korem 172/PWY akan membantu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal penyiapan lahan, pelatihan dan pendampingan. Termasuk mendorong kemitraan dengan pihak-pihak yang dapat membantu penyiapan wirausaha muda Papua,” urainya.

“Gemapi diharapkan pula dapat mengembangkan potensi investasi yang mampu mendorong upaya percepatan pembangunan di Papua,” imbuh Izak.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan balai pelatihan agro, yang akan fokus pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Agro bisnis adalah sektor yang potensial menjadi unggulan di Papua.

Selain itu, Izak mengingatkan bahwa kinerja dari Gemapi perlu terus ditingkatkan melalui pengembangan kreativitas dan inovasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi daerah dan pembangunan sumber daya manusia.

“Semangat adik-adik mahasiswa tidak boleh surut dalam berkarya, karena Gemapi adalah salah satu organisasi yang bergerak untuk membantu pemerintah dalam membangun Papua yang maju dan sejahtera. Jalankan visi dan misi dengan baik yaitu menciptakan kader-kader dalam bidang wirausaha,” tuturnya.

Menjelang HUT ke-75 Republik Indonesia, pucuk pimpinan Korem 172/PWY ini juga mengajak Gemapi untuk bersama-sama melakukan kegiatan positif dalam rangka memeriahkan perayaan tersebut di tanah Papua.

“Kami telah menyiapkan beberapa bendera merah putih, masker dan kaos. Nantinya akan kita bagikan sekaligus mengibarkan bendera merah putih secara bersama-sama di jembatan merah Youtefa,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Gemapi Pilatus Netep menyampaikan visi dan misi Gemapi ingin menciptakan kader-kader pemuda bukan hanya berpolitik tetapi juga berusaha membuka wawasan kader-kadernya dengan cara berwirausaha dan tidak hanya berharap menjadi PNS.

“Kami sedang membuka pemahaman teman-teman melalui sektor ekonomi, salah satunya di sektor pangan lokal, sehingga dapat dijual di pasar oleh mama-mama Papua. Kami juga sudah membentuk satu kelompok tani untuk mengajarkan cara bertani yang baik,” urainya.

“Kita akan bekerja sama dengan mitra yang akan membeli hasil pertanian para petani lokal dari hasil lahan mereka,” terang Pilatus Netep.

Gemapi kata Pilatus juga membuka pelatihan di bidang wirausaha, birokrat serta politik dengan cara melatih dan memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk memilih bidang yang mereka inginkan.

Dukungan yang diberikan Danrem 172/PWY kata Pilatus, merupakan salah satu semangat bagi Gemapi untuk terus berkarya dalam membantu pemerintah untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat Papua.

“Dukungan ini akan kami jadikan cambuk untuk terus memberikan pengabdian dalam membantu menyejahterakan masyarakat,” tuturnya penuh semangat. (Dispenad)

News Feed