oleh

IJTI dan TNI Adakan Donor Darah dan Diakusi Publik Dalam Rangka “Kebebasan Pers Untuk Bangsa”

OKEBUNG|
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menggelar diskusi publik dengan thema “Kebebasan Pers Untuk Bangsa” dan donor darah,Senin (22/05/2017) di Gedung PPI (Pusat Pertemuan Ilmiah) Unmer Malang Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64 Kec. Sukun Kota Malang

Kegiatan donor darah dan diskusi publik dengan tema “Kebebasan Pers untuk Bangsa” berkerjasama antara IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Korda Malang Raya,TNI/Polri,PMI Kab. Malang dan Unmer Malang

Dalam sambutan Bupati Malang (Drs. H. Rendra Kresna yang intinya, Selamat hari kebebasan pers, Siapapun harus mendukung insan pers, karena insan pers merupakan sebagai agen untuk memberitahukan segala informasi yang berkategori benar dan salah.

“Informasi yang disampaikan oleh insan mencakup beberapa hal yang dapat dinikmati oleh para masyarakat secara luas, Pers diberikan kebebasan, namun harus bertanggung jawab dan Dengan kegiatan seperti ini, berarti IJTI sangat peduli dengan kegiatan sosial di Malang Raya,”ujar Bupati.

Ketua IJTI Korda Malang Raya,Edy Cahyono,mengatakan,selain menggalakkan gerakkan sosial donor darah, IJTI Korda Malang Raya juga menggalakkan nilai-nilai kebebasan pers. Menurut Edy, nilai-nilai tersebut saat ini masih kerap terciderai kerena minimnya kesadaran masyarakat akan peran pers.

“Kebebasan pers yang dilindungi oleh Undang-undang No 40 tahun 1999, seolah hanya merupakan formalitas sepihak. Hal ini terbukti bagaimana ancaman bahkan kekerasan terhadap insan pers masih relatif tinggi. Kendati begitu, tahun ini posisi Indonesia dalam Indeks Kebebasan pers dunia meningkat 6 peringkat. Dari posisi 130 pada 2016 menjadi 124 pada 2017,”ungkapnya.

Kegiatan yang digelar di salah satu ruang gedung rektorat Unmer itu juga melibatkan sejumlah instansi serta masyarakat umum sebagai peserta donor darah dengan target 150 kantong darah.

Kegiatan ini sengaja dipilih sebagai salah satu rangkaian dari peringatan hari pers internasional, di samping itu bertepatan dengan menjelang bulan Ramadan. Menurut data dari PMI Kabupaten Malang, stok darah pada Ramadhan kalini ini aman, namun turunnya angka para pendonor di bulan ramadhan membuat stok darah bisa berkurang.

Seperti di Kota Malang, para jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik, radio, online dan para jurnalis foto ikut ambil bagian dalam rangka menggelar berbagai agenda kegiatan, baik yang berupa seni, dan kegiatan sosial yang memberikan mamfaat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Prof. dr. Anwar Sanusi (Ketua Rektor Unmer Malang), AKBP Hoiruddin Hasibuan (Kapolresta Malang), Bpk. H. Rendra Kresna (Bupati Malang), AKP Waluyo (Polresta Batu), Mayor Inf M Tohir (Kapenrem 083/Bdj), Sdr. Hendro Sudarmiko (Ketua IJTI Jati.), Sdr. Edi (Ketua IJTI Korda Malang Raya) serta Para mahasiswa Unmer dan tamu undangan. (Penrem 083/Bdj)

News Feed