oleh

Diringkus Polisi,Pelaku Pencurian 25 Unit Sepeda Motor Terkencing Dicelana

GALANG -OKB|
Muhammad Zulfikar alias Fikar (25) warga Jalan Muhammadiyah Kel Galang Kota,Kec Galang,Kab Sergai,Prov Sumatera Utara dan Imam Sumitro alias Bonjol (19) warga Dusun 10 Desa Pulo Gambar Kecamatan Galang harus mengisi hari-harinya dibalik jeruji sel kantor polisi.Pasalnya,keduanya ditangkap polisi lantaran melakukan pencurian 25 unit sepeda motor.

Informasi diperoleh dikepolisian menyebutkan,kedua pelaku yang diringkus tim Reskrim Polsek Galang ini diduga telah melakukan aksi pencurian terhadap 25 unit sepeda motor di kawasan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hingga Kabupaten Deliserdang,Provinsi Sumatera Utara.Keduanya diringkus dari lokasi berbeda, Selasa (13/08/2014) sekira pukul 22.00 WIB.              

Awalnya petugas Polsek Galang melakukan operasi hunting diseputaran wilayah hukumnya.  Tak lama melakukan operasi, petugas melihat sepedamotor Yamaha Scorpio Z warna merah BK 5238 MA yang dikenderai Fikar melintas di jalan umum Galang Kota. Curiga dengan gerak gerik pria tersebut, lantas Kanit Reskrim Iptu ALP Tambunan SH langsung memerintahkan Brigadir M Sialagan dan Bripka Rudi S Pane untuk melakukan pengejaran.

Sekitar 100 meter kedua petugas itu berhasil menghentikan laju sepedamotor tersebut. Lantaran ketakutan, Fikar yang berwajah sadis berubah menjadi pucat dan gugup. Karena takutnya Fikar pun kencing celana, hingga celana jeans pendek selutut warna biru yang dipakainya ikut basah.

Setelah di introgasi petugas, Fikar memberitahu status sepeda motor yang dikenderainya adalah barang curian dari Warnet Global Net Jalan Perintis Kelurahan Galang Kota. Sedangkan plat nomor polisinya sudah diganti dengan yang palsu. Atas pengakuan itu petugas langsung memboyong Fikar ke Mapolsek Galang, guna penyelidikan lebih lanjut.            
Dikantor polisi Fikar mengaku sudah mencuri sepeda motor sebanyak 23 unit dari berbagai tempat di dua kabupaten. Dalam melancarkan aksinya ia mengajak Imam Sumitro alias Bonjol. Dalam aksi tersebut, Fikar melakoni tukang gambar target. Sedangkan Bojol berperan sebagai tukang petik (eksekutor) memakai kunci T.            
“Aku berperan sebagai tukang gambar saja bang,sedangkan Bojol eksekutornya,”jelasnya.

Atas pengakuan Fikar,petugas langsung memburu Bonjol yang berprofesi kuli bangunan. Target pun diringkus tanpa berkutik dari kediamannya saat menikmati makan malamnya. Kepada petugas Bonjol mengaku kenal sekitar 1 bulan lalu dengan Fikar dan mengatakan ikut mencuri sepedamotor sebanyak 11 kali.

“Seingatku cuma 11 kali nya aku sama Fikar curi kreta (sepeda motor.), Itupun kami lakukan sebulan sebelum lebaran dan aku yang diajaknya. Ku kenal pun dia itu karena datang kerumahku dikenalkan Adi Penger (35) sekampungku”, aku Bonjol.            

Tak hanya itu, lebih parahnya lagi Bonjol mengaku kepada petugas kalau sebelum kenal dengan Fikar sudah pernah mencuri sepedamotor Honda Supra X milik sekampungnya. Ketika itu dirinya masih duduk dibangku SMP kelas III. Namun kejadian itu tak berlanjut keranah hukum karena berdamai.

Takut kejadian serupa terulang, setelah tamat SMA dari Perguruan tamansiswa Galang kedua orangtuanya sepakat mengirim Bonjol ke Hustiawaty, bibi nya di Malaysia.  Selama 1,5 tahun jadi kuli bangunan di Malaysia, Bonjol kembali ke Galang tahun 2013. Karena tak ada pekerjaan ulah lamanya kambuh kembali. Ajakan Fikar untuk mencuri sepedamotor pun diterimanya.

“Pertama kali kami main di Pasar 10 Bingkat Kecamatan Perbaungan Sergai. Disitu kami berhasil ngambil sepedamotor Yamaha Vega R dari tempat kibot an.Sepeda motor (kereta,red) itu kami jual Rp 1,2 juta pada tukang bengkel di Desa Dolok Manampang Sergai. Uangnya kami bagi dua. Terakhir kami main ambil kereta Zupiter ZR di Kampung Agam Galang dan dijual Rp Rp 1,4juta. Uangnya tetap kami bagi dua”, beber Bonjol melansir dnaberita.com

Terpisah, Kapolsek Galang AKP T Manurung SH kepada wartawan mengatakan, keduanya dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas 5 tahun penjara. Sedangkan terhadap penadahnya masih dilakukan pengejaran. (Admin/Net)

Foto:Ilustrasi/

News Feed