oleh

Diklat Pertanian :Personil Babinsa Bekasi Wujudkan Ketahanan Pangan

OKEBUNG|
Sebagai salah satu sentra lumbung padi (ketahanan pangan) nasional, sudah sewajarnya Kabupaten Bekasi mendapat perhatian serius dari banyak pihak. 

Salah satunya pendampingan bagi para petani yang diawaki personil TNI (Babinsa). Guna merealisasikannya, Kodim 0509 Kabupaten Bekasi menyelenggarakan program Penyuluhan Pertanian untuk wilayah Kabupaten Bekasi,bertempat di Aula Kecamatan Sukatani. 

Kegiatan bertemakan, “Peningkatan Kemampuan Babinsa Tersebar Kita Tingkatkan Swasembada Pangan di Wilayah Kodim 0509/Kabupaten Bekasi tahun 2015.”

Ketersediaan pangan berhubungan dengan suplai pangan melalui produksi, distribusi, dan pertukaran. Produksi pangan ditentukan oleh berbagai jenis faktor, termasuk kepemilikan lahan dan penggunaannya; jenis dan manajemen tanah; pemilihan, pemuliaan, dan manajemen tanaman pertanian; pemuliaan dan manajemen hewan ternak; dan pemanenan. 

Produksi tanaman pertanian dapat dipengaruhi oleh perubahan temperatur dan curah hujan.Pemanfaatan lahan, air, dan energi untuk menumbuhkan bahan pangan seringkali berkompetisi dengan kebutuhan lain.

Pemanfaatan lahan untuk pertanian dapat berubah menjadi pemukiman atau hilang akibat desertifikasi, salinisasi, dan erosi tanah karena praktek pertanian yang tidak lestari. 

Ketahanan Pangan merupakan ukuran kepentingan terhadap gangguan di masa depan atau ketiadaan suplai pangan penting akibat berbagai faktor ,seperti kekeringan, gangguan perkapalan, kelangkaan bahan bakr, ketidak stabilan ekonomi, peperangan, dan sebagainya. 

Penilaian ketahanan pangan di bagi menjadi Keswadayaan atau ke swasembadaan perorangan dan ketergantungan eksternal yang membagi serangkaian faktor resiko. 

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0509/Kab.Bks, Panitia Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang (BBPP) yang berjumlah 5 orang, Kepala BP4KKP Kab.Bks, Sutia Resmuliyawan, Farid Kepala Dinas Pertanian Kab.Bekasi, Camat Sukatani, Endang Setiawan, Danramil 10/Sukatani, Pasi Intel, Pasi Ter Kodim 0509/ Kab.BBekasi. Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis alat tulis oleh Dandim kepada peserta Diklat pertanian. Diklat tentang penyuluhan pertanian diikuti oleh 60 orang Babinsa gabungan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi.[rel]

News Feed