oleh

Dialog Santai, Babinsa Imbau Warga Tidak Bakar Hutan Lahan

Abdya- Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama sehingga perlu adanya upaya dan kerjasama yang solid antara aparat Kewilayahan dan masyarakat yang ada di wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Babahrot Kopda Iskandar melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan masyarakat binaan untuk tidak melakukan pembakaran lahan maupun jerami padi yang habis di potong guna menghindari terjadinya kebakaran apalagi di saat masuk musim kemarau seperti sekarang ini, Komsos tersebut di lakukan di Desa Simpang Gading Kecamatan Babahrot, Senin (1/3/2021).

Kopda Iskandar menyebut,“Ini sudah masuk musim kemarau, apalagi bila angin kencang, tentunya rawan akan timbulnya kebakaran, untuk itu saya menghimbau kepada kita semua agar tidak melakukan tindakan yang mengakibatkan kebakaran baik itu rumah maupun lingkungan, termasuk hutan di sekitar kita, mari kita saling mengingatkan, baik kepada saudara maupun tetangga di sekitar kita,” katanya.

Bagi yang bekerja di ladang jangan membuka lahan dengan cara membakar, karena ini sangat berbahaya kalau sampai api membesar apalagi disertai angin nanti akan dapat merembet dan tambah meluas sehingga susah untuk dipadamkan, termasuk yang bekerja di sawah juga, jangan sampai membakar jerami padi yang habis di potong karena itu juga berbahaya dan berpotensi terjadinya Karhutla.

Lanjutnya mengatakan, Bagi warga yang sudah selesai memanen padinya agar jangan lama-lama membiarkan lahan sawahnya, segera turun kesawah dan langsung dibajak biar nanti di bulan Maret bisa langsung di tanam. Seperti sesuai dengan yang di harapkan pemerintah melalui dinas Pertanian, terkait masalah untuk menyukseskan Masa Tanam (MT) rendengan tahun 2021 di wilayah Kab Abdya,” Pungkasnya. (Pendim 0110/Abdya)

News Feed