oleh

Dharma Pertiwi Daerah ”A” Sumbang Ratusan Kantong Darah Ke PMI Sumut

OKEBUNG|
Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” Ny Nawal Edy Rahmayadi meninjau langsung kegiatan donor darah dan anjangsana dalam rangka memperingati HUT ke-51 Dharma Pertiwi dan HUT ke-69 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2015 di Rumah Sakit TK. II Jalan Putri Hijau Medan, Senin(16/03/2015).

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” Ny. Nawal Edy Rahmayadi menyampaikan donor darah merupakan kegiatan yang mulia,karena setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien,

Selain itu dapat menyelamatkan jiwanya. Ini merupakan bagian dari wujud nyata kepedulian Dharma Pertiwi dalam membantu anggota TNI dan keluarganya serta masyarakat yang membutuhkan bantuan darah untuk keperluan pengobatan.

Yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Selanjutnya Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” mengucapkan terima kasih kepada Karumkit TK. II Putri Hijau Medan beserta tim medis Palang Merah Indonesia Daerah Sumatera Utara yang membantu pelaksanaan kegiatan donor darah juga kepada peserta donor darah.

Besar harapan Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A”, bahwa kegiatan donor darah ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun justru perlu lebih dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis, baik yang dilakukan secara bersama maupun perorangan.

Pada kesempatan yang sama ,Kakesdam I/BB Kolonel Ckm
dr.Taufiq Urahman, Sp.B,.MARS, mengatakan untuk menjadi pendonor darah tidak perlu memenuhi persyaratan khusus, yang terpenting adalah berbadan sehat, tidur cukup sekitar enam sampai dengan delapan jam setiap hari, bagi wanita tidak dalam keadaan haid dan bagi pemula
berusia paling muda 17 tahun paling tua 50 tahun. Donor darah juga memiliki manfaat positif bagi pendonor antara lain menjaga kesehatan jantung , meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius.Untuk itu tumbuhkan motivasi dan kesadaran tinggi untuk melaksanakan donor darah secara rutin.

Dari kegiatan itu dimana para peserta Donor Darah terdiri
dari prajurit TNI, anggota Dharma Pertiwi “A” , Keluarga Besar TNI dan masyarakat. Pada saat yang sama juga diadakan penyerahan bantuan alat kesehatan dan pemberian bantuan kepada anak penderita cacat, yatim piatu dan sakit berat. Darah terkumpul 500 kantong darah yang akan di serahkan ke Palang Merah Indonesia Sumatera Utara. (ad)

News Feed