oleh

Denintel Kodam 1/ BB Amankan 2.900 Gram Sabu di Tanjung Balai

OKEBUNG|
Timsus Detasemen Intelijen (Denintel) Komando Daerah Militer ( Kodam ) 1 Bukit Barisan ( BB) berhasil mengungkap jaringan peredaran sabu di Tanjung Balai Asahan,Provinsi Sumatera Utara (Sumut) .Dari pengungkapan ini sebanyak 2.900 gram sabu diamankan dari dua lokasi terpisah.

Kaur Opini Medtak Pendam I/BB Kapten Inf Yamin Sohar mengatakan bahwa keberhasilan Tim Deninteldam I/BB mengungkap jaringan peredaran sabu berawal adanya informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya peredaran narkoba yang dilakukan para sindikat narkoba masuk ke Wilayah Tanjung Balai Asahan melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Barang jenis KM. Camar Indah Satu yang bergerak dari Pelabuhan Perak Malaysia menuju Pelindo Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan.

“Menindaklanjuti info tersebut kemudian
Tim Deninteldam I/BB dipimpin Kapten Kav Wawan Agus bergerak menuju Tanjung Balai Asahan dan begitu tiba si Tanjung Balai langsung melakukan pengintaian terhadap kurir yang akan melakukan transaksi di Hotel Malahayati Jalan .Anwar Idris Sungai Dua Tanjung Balai,Asahan pada 05 Februari 2016,” ungkap Kapten Yamin kepada okebung.com,Rabu (23/03/2016).

Selanjutnya,kata Yamin,Tim Deninteldam I/BB pun langsung melakukan pengintaian disekitar lokasi tempat transaksi.Namun ,tidak ada juga transaksi sehingga anggota Denintel langsung melakukan pemeriksaan terhadap kios kosong di samping Bank Muamalat Jalan Jend. Sudirman Kota Tanjung Balai.

“ Saat diperiksa kios tersebut ditemukan bungkusan plastik asoi warna hitam yang diduga berisi narkoba jenis sabu dan setelah ditimbang seberat 900 gram,” jelas Yamin.

Lebih lanjut Kaur Opini Medtak Pendam I/BB menyampaikan ,Tim Deninteldam I/BB kembali mendapat informasi dari jaringannya bahwa pada 07 Maret 2016 sekitar pukul 21.00 WIB akan terjadi transaksi narkoba di areal Perkuburan Singguan Kel. Sumbersari Kec. Seitualangraso Kodya Tanjung Balai,Asahan,Sumut.

Menerima info berharga itu kemudian tim intelijen TNI pun melakukan pengendapan di sekitar areal Perkuburan Singguan Kel. Sumbersari Kec. Seitualangraso Kodya Tanjung Balai yang lokasinya berdekatan dengan tangkahan perahu.Saat disisir lokasi yang akan dijadikan tempat transaksi ditemukan tas plastik berwarna hijau yang ditutupi rumput kering terletak di dekat tembok perkuburan.

“Saat diperiksa terhadap dua kantong kotak susu merk Chil Kid di dalamnya terdapat bungkusan diduga narkoba jenis sabu-sabu dan setelah ditimbang seberat kurang lebih 2.000 gram.Atas temuan itu petugas pun membawanya ke Mako Deninteldam I/BB,” tambah Yamin.

Guna memerangi peredaran narkoba di wilayah Kodam 1 / BB hingga saat ini tim pun melakukan pemantauan didaerah rawan peredaran narkoba.” Siapa pun terlibat dalam jaringan narkoba kita sikat dan kita tindaklanjuti kasusnya ke pihak berwajib,” tegas Yamin seraya menutup bahwa saat ini kasus penemuan sabu tersebut masih dikembangkan guna mencari siapa pemiliknya.( Red)

News Feed