oleh

Dari 104 Pendaftar,40 Orang Tak Lolos Seleksi Administrasi Calon Pimpinan KPK

OKEBUNG|
Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)telah melansir nama-nama peserta yang lolos seleksi administratif di situs resmi Kementerian Hukum dan HAM www.kemenkumham.go.id. Anggota pansel, Farouk Muhammad mengatakan, dari 104 pendaftar, hanya 64 orang yang lolos seleksi administratif.

“Ada beberapa faktor yang memengaruhi mereka tidak lolos. Ada empat kriteria seleksi awal,” ujar Farouk saat dihubungi, Jumat (05/09/2014)seperti dilansir kompas.com.

Farouk mengatakan, empat kriteria seleksi tersebut dilihat dari relevansi latar belakang pendidikan calon, relevansi pekerjaannya dengan tugas pimpinan KPK, total masa kerjanya, dan kelengkapan persyaratan administrasinya.

Misalnya, kata Farouk, latar belakang calon pimpinan KPK sebaiknya berasal dari jurusan yang berhubungan dengan hukum maupun perekonomian.

“Kan harus ada sarjana hukum, ekonomi, pokoknya yang relevan dengan pekerjaan KPK. Jadi (yang tidak lolos) pendidikannya itu tidak relevan dengan jabatannya,” kata Farouk.

Begitu pula dengan kesesuaian bidang pekerjaan peserta dengan kriteria yang dibutuhkan sebagai pimpinan KPK. Farouk mengatakan, pansel juga tidak meloloskan beberapa pendaftar karena tidak dapat memenuhi kelengkapan administrasi yang diperlukan.

“Misalnya, ada KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), banyak yang tidak lengkap. Kita kan menilai, ini orangnya serius apa tidak. Nah, makanya itu menghasilkan 64 orang,” ujar Farouk.

Pendaftaran seleksi calon pimpinan KPK telah ditutup pada 3 September 2014. Pansel melakukan seleksi berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pembentukan Pansel Calon Pimpinan KPK pada 23 Juli 2014.

Pansel ini akan bertugas mengumumkan penerimaan dan pendaftaran calon pimpinan KPK, mengumumkan calon pimpinan KPK kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan, menyeleksi dan menentukan calon pimpinan KPK, serta menyampaikan nama calon pimpinan KPK kepada presiden.

Adapun nama peserta yang lolos seleksi dan tahapan yang akan dilakukan selanjutnya oleh peserta dapat dilihat di situs resmi Kemenhuk dan HAM www.kemenkumham.go.id. Daftar riwayat hidup dan berkas lainnya mengenai peserta calon pimpinan KPK pun dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkumham.go.id/panselkpk/(net)

Foto/Net/

News Feed