OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

Danrem 023/KS Pimpin Rapat PAM Kunjungan RI-1 ke Taput

Danrem 023/KS Pimpin Rapat PAM Kunjungan RI-1 ke Taput


OKEBUNG|
Komandan Korem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Donni Hutabarat, memimpin rapat awal Pengamanan (PAM) kunjungan Presiden RI, Ir Joko Widodo ke Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada Jumat, 24 November 2017.

Rapat PAM kunjungan RI-1 ke Taput yang digelar di Aula Makorem 023/KS, Jalan Datuk Itam No.1 Sibolga pada Senin (20/11/2017) kemarin, sesuai dengan amanat UU RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa PAM Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat kepala negara berserta keluarganya menjadi tugas dan tanggung jawab TNI.

Dalam rapat, Kolonel Inf Donni Hutabarat menjelaskan kepada seluruh perwira dan dinas jawatan di jajaran Korem 023/KS Korem agar melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya.“Mari kita siapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kedatangan orang nomor satu di RI ke Kabupaten Tapanuli Utara,” ucap Danrem 023/KS.

Pada kesempatan itu, Danrem 023/KS menerangkan perlunya dibuat dan disusun rencana PAM VVIP (Very Very Important Person) secara detail dan terkoordinasi dengan baik antara satuan pengamanan serta pemerintahan setempat, sehingga kunjungan RI-1 beserta Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Pengamanan, lanjut Danrem 023/KS, perlu diterapkan terhadap seluruh rangkaian kegiatan selama pelaksanaan kunjungan di objek maupun rute yang akan ditempati atau dilalui oleh Presiden dan Ibu Negara.

“Kemudian pengamanan di Bandara Silangit, rute yang akan dilalui, kendaraan yang akan digunakan, makanan dan minuman yang dihidangkan langsung, penyiapan safe house, rumah sakit rujukan sebagai tempat evakuasi dan alat peralatan yang digunakan untuk acara penunjang kegiatan kunjungan,” papar Danrem 023/KS.

Sementara itu, Kasiops Korem 023/KS, Letkol Inf TPL Simbolon yang bertanggungjawab untuk menggerakkan pasukan pengamanan, baik TNI, Polri maupun satuan pendukung lainnya, diketahui telah membuat rencana pengamanan, di Ring 2 dan Ring 3.

“PAM di Ring 2 dan Ring 3 menjadi tanggung jawab Korem 023/KS. Sedangkan di Ring 1 menjadi tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres),” ura Kepala Penerangan Korem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata.

Ditambahkan Mayor Arm Ojak Simarmata, sesuai jadual rencana tentatif, Presiden akan berangkat dari Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) dengan helikopter PUMA ke Bandara International di Silangit, Taput.

“Kehadiran Kepala Negara untuk meresmikan sejumlah proyek strategis, di antaranya peresmian Bandara International di Silangit, dan peresmian PT SOL Sarullah Pahae Julu,” ujar Mayor Arm Ojak Simarmata.

Hadir dalam rapat, antara lain Kasipers Letkol Drs Haryadi, Kasi Intel Mayor Arh Utama, Dandenkesyah Letkol Ckm Rumahorbo, Dandenhub Letkol Chb Muhammad Yunus, Dandenbekang Mayor Cba Mohtar, dan Wadanden POM Mayor Cpm Mugiyono, SH. (Penrem 023)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below