oleh

DANRAMIL 407-03/TE BERI APRESIASI DESA TABA LAGAN

OKEBUNG|
Setelah selesai seratus persen pengerjaan pembangunan yang menggunakan dana desa, maka hasil pembangunan harus di serahkanterimakan kepada warga untuk dimanfaatkan sesuai dengan tujuan pembangunan.

Dalam hal ini TPK sebagai pelaksana kerja di lapangan harus sudah menyelesaikan pembangunan yg sesuai dengan RAB. Sebelum diserahkan harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu dari Tim Ahli dan Tim Monitor dari Kabupaten dan Kecamatan.

Apabila hasil pembangunan dinyatakan sudah layak dan memenuhi standar bangunan maka diserahkan kepada warga melalui Musyawarah Desa Serah Terima ( MDST ). Penyerahan dari TPK kepada warga secara simbolik kepada Kepala Desa, selanjutnya diserahkan kepada warga melalui Tokoh masyarakat.

Seperti halnya Desa Taba Lagan, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah, pada hari Senin tanggal 13 Januari 2020 melaksanakan MDST di Balai Desa. Komandan Koramil 407-03/TE, Kapten Inf Kurni Amri beserta Babinsa Taba Lagan, Koptu Ardian Jaya turut menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Danramil menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada TPK Desa Lagan yg telah bekerja keras dalam menyelesaikan pembangunan sesuai dengan hasil Musrenbang Des diawal tahun 2019 lalu. Keberhasilan pembangunan juga tidak lepas dari dukungan perangkat desa dan warga Taba Lagan yg telah turut membantu pelaksanaan pengerjaan pembangunan.

Danramil berharap apabila sudah diserahkan dan dimanfaatkan oleh warga hendaknya sama-sama merawat agar hasil pembangunan dapat bertahan lama. ” Gunakan sesuai dengan kapasitas, misalnya kekuatan jalan rabat beton 3 Ton, maka jangan dilewati kendaraan yg lebih berat dari itu ” jelas Danramil.

Pada kesempatan itu, Kades Taba Lagan, Oto Komri mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin yg telah memenuhi undangan MDST pagi itu. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan Babinkamtibmas, selama proses pembangunan dari Musrenbang, pelaksanaan pembangunan hingga serah terima hasil pembangunan secara aktif mengawasi dan memonitor kegiatan.

” Dengan kehadiran Babinsa dan Babinkamtibmas, maka masyarakat lebih semangat dalam bekerja, hingga selesai tepat waktu ” ucap Kades. Tak lupa beliau mengucapkan terimakasih kepada warga Taba Lagan atas dukungan dan partisipasinya selama ini, hingga dari sepuluh titik pembangunan dapat terlaksana dan selesai tepat waktu.

Camat Semidang Lagan pada kesempatan ini diwakili oleh staf kecamatan, Hairul menyampaikan kepada Tim Ahli dan Tim Monitoring dari Kabupaten dan Kecamatan agar dalam pengecekan dan pemeriksaan dilaksanakan sesuai dengan RAB, sehingga hasil pembangunan benar-benar layak dan sesuai dengan standar. Hairul juga memberikan apresiasi dan salut atas apa yg sudah diperbuat oleh Desa Taba Lagan, sebab dari sepuluh titik pembangunan kesemuanya dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Hairul juga menyampaikan pesan dari Camat Semidang untuk tahun berikutnya, Desa Taba Lagan agar memprioritaskan pembangunan di bidang pemberdayaan sehingga dapat meningkatkan SDM warga dan membuka peluang usaha lain selain bertani dan berkebun. ” Silahkan warga berkreasi dan berinovasi, kalau untuk kemajuan desa dan meningkatkan perekonomian, perangkat desa siap mendukung ” terang Hairul.

Penyampaian staf kecamatan bukan tanpa alasan, sebab di tahun 2020 dan selanjutnya pemerintah pusat maupun daerah mengharapkan pembangunan pemberdayaan di setiap desa. Tujuannya tidak lain untuk mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian.(rel)

News Feed