oleh

DANLANTAMAL III MENGIKUTI TABUR BUNGA DALAM RANGKA HARI DHARMA SAMUDERA DI KRI. DEWA RUCI

-KOARMADA-1.215 views

OKEBUNG|
Komandan Pangkalan Utama TNI AL III (Danlantamal III) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., mengikuti upacara tabur bunga bersama Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka Hari Dharma Samudera Tahun 2021 untuk mengenang sejarah pertempuran Laut Arafuru di Geladak KRI. Dewaruci. yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jumat, (15/1/2021).

Dalam rangkaian upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2021, diawali dengan pembacaan Sejarah Pertempuran Laut Arafuru, penghormatan kepada Arwah para Pahlawan dan mengheningkan cipta. Kemudian Kasal melaksanakan pelarungan bunga dan memberikan amanat “Laut arafuru telah menjadi saksi bisu pengorbanan perjuangan para pahlawan laut Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, yang ditandai dengan seruan penuh semangat dan gagah berani oleh Komodor Yos Sudarso yaitu “Kobarkan semangat pertempuran!!!”, yang mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada belanda. semangat bertempur dan pantang menyerah prajurit RI Matjan tutul tersebut seolah tak pudar di hati para prajurit laut.” Singkat Kasal.

Lanjut dikatakan oleh Kasal, “Bahwa peringatan Hari Dharma Samudera kali ini sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di kepulauan natuna. namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan kepulauan seribu, maka saya memutuskan untuk merubah pelaksanaan upacara secara sederhana di Dermaga Kolinlamil Jakarta. perubahan tersebut merupakan wujud empati kita bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.”

Dikatakan pula “Para prajurit Jalasena dimanapun kalian berada dan bertugas tanamkan dalam benak kalian “saat Negara memanggil, kekuatan Angkatan Laut harus selalu berada di garis depan, saat Negeri ini membutuhkan, tak ada lagi jawaban lainnya, serahkan jiwa raga kalian.” Tegas Laksamana TNI Yudo Margono.

“Momentum peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya mengingatkan kita bersama untuk bertekad mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu kita di dalam pengabdiannya kepada TNI Angkatan Laut/TNI, Bangsa dan Negara tercinta. selaras dengan semangat “Jalesveva jayamahe” yang berarti “Justru di laut kita jaya” atau “di Laut kita menang”, saya harapkan peringatan hari Dharma Samudera tahun ini juga dapat menginspirasi Bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan Nusantara, dengan menyadari bahwa Laut adalah faktor kunci tercapainya Kejayaan Bangsa menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.” Ucap Kasal mengakhiri amanatnya.

Selanjutnya prosesi tabur bunga ke laut oleh Irup, yang diikuti oleh peserta upacara dan mengadakan Konferensi Pers dengan Media, dalam acara ramah tamah diadakan penyerahan penghargaan predikat Zona Integritas Menuju WBK/WBBM dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba sejarah satuan dalam rangka Hari Dharma Samudera Tahun 2021 di antaranya, Juara I dengan judul “Sejarah Penerbangan Angkatan Laut” dari Puspenerbal, Juara II dengan judul “Sejarah Pangkalan Angkatan Laut Cilacap” dari Lanal Cilacap serta Juara III dengan judul “Sejarah Satuan Kapal Selam Koarmada II” dari Satsel Koarmada II.

Turut hadir Wakasal, Asrena Kasal, Aspers Kasal, Pangkolinlamil, Dankormar, Kapushidrosal, Danseskoal, Danpuspomal, KS Koarmada I, Kadispenal, Kadiswatpersal, Kadisjarahal, Danlantamal III, dan Ketua Umum Jalasenastri beserta rombongan.

News Feed