oleh

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat Pimpin Upacara Ziarah di Makam Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid di Jombang.

OKEBUNG| Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat memimpin Upacara Ziarah di makam Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Di Kompleks pemakaman tersebut, juga terdapat makam dua pahlawan nasional, yakni KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahid Hasyim, Senin, (4/10/2021).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-76 tahun 2021. Kegiatan ziarah dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan dan pendahulu kita yang telah berjuang dan mendarmabaktikan hidupnya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ziarah tersebut, diikuti oleh prajurit TNI yang berdinas di Surabaya, Jombang dan Mojokerto. Prosesi ziarah dimulai dari penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga oleh Dankodiklatal diatas makam Gus Dur.

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Dankodiklatal yang didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat diikuti para undangan beserta istri yang turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Kasdivif 2 Kostrad, Wadan Lantamal V, Danlanud Muljono Surabaya, Danrem 082/CPYJ, Dandim 0814, Dansatrad 222/Ploso, Kapolres Jombang, serta Ketua DPRD Jombang, Bupati Jombang dan Sekda Provinsi Jatim.

Usai melaksanakan ziarah, Dankodiklatal beserta seluruh undangan meninjau pelaksanaan bakti sosial dan bakti kesehatan seperti program serbuan vaksinasi kepada santri dan warga sekitar makam, serta penyerahan tali asih atau bingkisan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun kegiatan serbuan vaksin oleh Kodiklatal dilaksanakan selama satu hari di Ponpes Tebuireng dengan target 4.000 orang ditujukan kepada santri dan masyarakat sekitar dengan mengerahkan 147 nakes gabungan dari Kodiklatal, Kodim, Polres, Dinkes dan Timkes Ponpes Tebuireng.

TNI juga berdoa bersama di tiap tempat ibadah satuan TNI wilayah masing-masing untuk mendoakan para pahlawan, leluhur, dan pendahulu TNI. Acara ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 yang ketat.

Seperti diketahui, puncak peringatan HUT TNI ke-76 akan diperingati besok, 05 Oktober 2021. Peringatan dilakukan dengan upacara sederhana di Mabes TNI, Cilangkap dan seluruh jajaran TNI di seluruh wilayah NKRI. HUT TNI ke-76 mengusung tema ‘Bersatu, Berjuang, Kita pasti menang

Berita Lainnya