oleh

Dandim Letkol Arh Mohamad Ufiz Kembangkan Metode Tanam Hidroponik Di Lingkungan Kodim 0716 Demak

OKEBUNB|
Komandan Kodim 0716 Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, S.I.P, M.I.Pol akan mengembangkan tanaman dengan sistem hidroponik hingga ke wilayah jajaran nya. Hal tersebut setelah dirinya menggagas serta menggalakan tanaman dengan menggunakan media sistem hidroponik (menggunakan media pipa), dihalaman rumah dinasnya yang sekarang ini masih dalam proses pengerjaan.

Jenis tanaman yang dibudidayakan untuk saat ini adalah jenis tanaman Pokcai yang dalam hal ini ditanam langsung oleh Komandan Kodim 0716 Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, S.I.P, M.I.Pol yang di dampingi oleh salah satu anggotanya yaitu Serma Sunardi di kediaman rumah dinasnya yang berada di Jalan Sultan Fatah , Bintoro, Kecamatan Demak,Kabupaten Demak

Saat di temui di lokasi hidroponik Serma Sunardi menuturkan, jika budidaya tanaman hidroponik jenis sayuran dilakukan dengan menanam dan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah namun tetap selalu memperhatikan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman itu sendiri.

“Pengembangan budidaya tanaman hidroponik ini bisa juga menjadi salah satu upaya mengoptimalkan di wilayah teritorial sekaligus menjadi motor penggerak terhadap salah satu program alternatif guna meningkatkan produksi ketahanan pangan di tengah masyarakat,” ujar Serma Sunardi.

Jenis tanaman yang sedang dikembangkan di sekitar kediaman Dandim Demak ini seperti jenis sayuran pokcai, dan jika nanti tahapan pembuatan media hidroponik selesai 100% akan kita tambahkan tanam jenis sayuran yang lain lagi.

“Kondisi tanaman hingga saat ini telah memasuki hari ke 9 dan sedang dalam tahap pertumbuhan dari masa persiapan pembibit sebelumnya,” sebut Serma Sunardi

Budidaya tanaman hidroponik dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam, terutama bagi masyarakat perkotaan tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam..

Selain itu, dengan pola tanam hidroponik akan memberikan banyak keuntungan yakni tanaman dapat cepat tumbuh, perawatannya mudah dan juga dapat menjadi pemandangan yang hijau di pekarangan sekitar lingkungan rumah.

Ia juga mengingatkan, tanaman hidroponik dapat ditempatkan di mana saja, akan tetapi jangan sampai kekurangan sinar matahari maupun terpapar langsung dengan teriknya matahari, Maka dari itu kita buatkan sebuah gubuk isolasi dengan menggunakan atap transparan agar mendapatkan penyinaran matahari yang cukup.

Ditempat terpisah Dandim 0716/Demak menyebut bahwa Kodim 0716 Demak nantinya harus bisa menjadi contoh dalam pengembangan hidroponik, khususnya di wilayah Kabupaten Demak, sebab hal tersebut nantinya akan bisa menjadi salah satu implementasi dari serbuan teritorial dan ketahanan pangan di masyarakat.

News Feed