oleh

Dandim Bersama Kapolres Dan Wakil Bupati Demak Tinjau Lokasi Banjir dan Kerja Bhakti Pembersihan Sampah Sungai di Desa Tamansari Mranggen

OKEBUNG|
Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, S.I.P, M.I.Pol bersama Wakil Bupati Demak H Joko Susanto dan Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama meninjau lokasi banjir dan pembersihan sampah sungai Dolog di Desa Tamansari, Kecamatan Mranggen, Senin (18/01/2021).

Sungai yang berhulu di Desa Mranak, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang ini, semalam membawa bencana banjir di sejumlah desa di Kecamatan Mranggen. Walaupun hanya beberapa jam terendam air, tetapi hal ini membuat warga sangat kawatir dan resah.

Hal ini diakibatkan adanya setumpuk sampah bambu yang bersarang di salah satu jembatan di Dukuh Mberawah, Desa Tamansari. Sehingga air dari hulu tidak dapat mengalir lancar, dan meluber ke pemukiman warga.

Dandim Letkol Arh Mohamad Ufiz mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, pihaknya bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Demak dan sejumlah instansi terkait mendirikan tenda darurat sebagai tempat pengungsian (Posko) di depan Masjid Roudotul Murtadlo Dukuh Mberawah, Desa Tamansari.

Selain itu juga, sejumlah tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Pemuda Pancasila, pegawai Kecamatan dan Pramuka serta relawan melaksanakan siaga di Posko, disamping membantu kerja bhakti pembersihan sampah bambu dan kerja bhakti meninggikan tanggul sungai Dolog dengan menumpuk tanah yang diisikan dalam karung sebanyak 500 sak bersama warga setempat.

“Mobil ambulance dan truk Kodim juga kita siagakan disini, agar apabila terjadi banjir susulan, warga dapat dievakuasi dengan cepat,” katanya.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan bahwa upaya penanganan bencana merupakan wujud nyata TNI dalam hal ini Kodim 0716/Demak untuk bersinergi membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana di wilayah.

Peran TNI dalam memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana juga telah diatur dalam UU No 34 tahun 2004, dimana dalam melaksanakan salah satu tugas pokoknya bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya membantu fungsi pemerintah untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan salah satunya karena bencana alam.

“Jadi ini merupakan tugas kita dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat, dan membantu Pemerintah Daerah. Ini bagian dari tugas Operasi Militer Selain Perang,” tegas Dandim.

News Feed