oleh

Dandim  0501/Jakarta Pusat BS Pimpin Pengamanan  VIP/VVIP

OKEBUNG|
Dandim 0501/Jakarta BS Pusat Letkol Inf Martin S.M. Turnip, S.H. memimpin langsung apel dalam rangka pengamanan terhadap RI 1 (Presiden) dalam rangka menghadiri acara peresmian pembukaan Rakernas TIM Pengendalian Inflasi, bertempat  di Hotel Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pengamanan tersebut melibatkan beberapa satuan selain dari Kodim 0501/Jakarta Pusat BS dan Paspampres, diantaranya adalah dari Yonkav 9/Bu, Intel Gab, Pomdam Jaya dan EOD.

Dandim menegaskan bahwa kegiatan pengamanan ini merupakan bukti komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Kodim/Jakarta Pusat BS dalam rangka melaksanakan pengamanan VIP/VVIP.

Lebih jauh Dandim mengatakan, bahwa Presiden dan Wakil Presiden adalah lambang negara, di dalamnya terdapat kedaulatan negara, hal tersebut sangat berkaitan dengan tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Di dalam UU No 34 dengan tegas dinyatakan bahwa tugas TNI salah satunya adalah mengamankan Presiden, Wakil Presiden dan Kepala Pemerintahan.TNI akan bekerjasama dengan Kepolisian RI dalam pengamanan ini.

“Untuk itu setiap rantai komando harus jelas dan tegas, sehingga seluruh personel yang terlibat dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya”, tegas Dandim.[rel]

News Feed