oleh

Dandim 0201/BS Ajak Masyarakat Kota Medan Cintai Sungai

OKEBUNG|
Dalam rangka menjaga ekosistem sungai dan sekaligus mencegah terjadinya banjir, personel Kodim 0201/BS bersama Forkopimda Kota Medan menyusuri Sungai Deli, Rabu (11/03/2020).

Kegiatan dihadiri Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga. S. Sos, yang diwakili Danramil 05/MB Kapten Arm Edi Hutabarat ini membersihkan sampah-sampah yang bisa menyebabkan terjadinya banjir jika musim hujan tiba.

Bersih-bersih Sungai Deli ini diikuti Bersama Kepala BPBD Kota Medan,Arjuna Sembiring S,Sos M.Sp,Kapolrestabes Medan di wakili,Kompol Kasmir, Danramil 01/MB Kapten Czi Abd Halim Pasaribu, personel TNI AU 30 orang,prajurit Marinir dari Yonmarhanlan 1, prajurit Kodim 0201/BS, PMI dipimpin Merisa,BWS (Badan Pengawas Sungai) diwakili Aron dan sejumlah Komunitas Masyarakat dengan jumlah oersonil 240 orang

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S,Sos diwakili oleh Kapten Arm Edi Hutabarat menyampaikan bahwa kegiatan bersih -bersih Susur Sungai Deli ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Hari ini Rabu dilaksanakan kembali Susur Sungai di mulai dari lokasi I Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun di belakang istana Maimun,untuk lokasi ke II di Jl Karya II Lingkungan XI (TPS) Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat,areal Jembatan Cilincing.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI, dalam hal ini Kodim 0201/BS bersama Forkopimda terhadap lingkungan guna mencegah terjadinya banjir, “ungkap Dandim.

Kegiatan susur sungai dan bersih -bersih Sei Deli Tahap III merupakan kegiatan TW I Anggaran Tahun 2020 yang dilaksanakan Rabu 11 Maret 2020 dimulai dari Start I Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun di belakang Istana Maimun dan Finish di Jl Karya II Lingkungan XI (TPS) Kelurahan Karang Berombak Kec Medan Barat

“Penyusuran ini dilakukan guna mengetahui kondisi Sungai Deli sekaligus mencari solusi dari permasalahan yang ada selama ini serta meningkatkan kapasitas dan pengendalian tata ruang serta melakukan upaya untuk mengurangi adanya resiko bencana (mitigasi) khususnya bencana banjir dan persampahan yang ada selama ini,”jelas Dandim.

Dandim mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara menjaga alam ini salah satu yang harus di jaga adalah sungai. Sebab, sungai merupakan sumber kehidupan manusia. Atas dasar itulah, Dandim 0201/BS beserta Pemko Medan dan Kepala BPBD Kota Medan beserta Unsur yang terkait ingin menata Sungai Deli sebagaimana fungsinya dan sebagai mana semestinya.

“Diharapkan kegiatan ini tetap selalu dilaksanakan ,agar Medan selalu bersih dan Berwibawa, “sebut Dandim.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring S,Sos,mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan Kerja sama bersih -bersih Sei Deli dengan Kodim 0201/BS .

“Saya menghimbau kepada masyarakat marilah kita sama sama menjaga sungai kita ini dengan tidak lagi membuang sampah ke dalam sungai. Bersama kita wujudkan Medan bebas banjir tahun 2022. Pemko Medan dan Kodim 0201/BS beserta Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II akan sll menata sungai-sungai yang ada di Sumatera Utara dan saat ini sedang fokus kepada sungai Deli yang tetap selalu bersih dan asri, “himbaunya. (Red)

News Feed