OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

CEGAH PENYAKIT DBD, DENKESYAH 01.04.02 SIBOLGA FOGGING SELURUH ASMIL AEK HABEL

CEGAH  PENYAKIT DBD, DENKESYAH 01.04.02 SIBOLGA FOGGING  SELURUH ASMIL  AEK HABEL

OKEBUNG|
Akibat meningkatnya curah hujan di Kota Sibolga dan kurang bersihnya lingkungan membuat kesehatan masyarakat mulai terganggu. Buktinya tiga orang anak prajurit TNI AD yang tinggal di Asrama Aek Hbel terserang penyakit DBD dan terserang penyakit seperti flu, diare.

Selain itu, dengan adanya musim hujan akhir-akhir ini
basanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti, yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Ini dikarenakan saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu.

Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat.

Guna mengantisipasi an mencegah serangan penyakit DBD,, Senin (13/11/2017) Dandenkesyah Letkol CKM Aston Rumahorbo bersama anggota Denkesyah 01.04.02 Sibolga melakukan pengasapan / fogging disekitar asmara Aek Habel, terutama diparit parit rumah prajurit. Hal ini dilakukan untuk pencegahan demam berdarah disekitar asrama,

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit demam berdarah ini menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan-perdarahan.

Dandenkesyah 01.04.02 Letko, CKM A. Rumahorbo mengatakan bahwa fogging dilakukan upaya pemberantasan nyamuk, (inang),sementara untuk pencegahan terhadap kasus DBD adalah dengan melaksanakan 3 M (Menguras, menutup,Mengubur ),” ungkapnya.

Pencegahan ini dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk aedes aegypti. Dan yang perlu kita waspadai adalah bahwasannya nyamuk jenis ini akan aktif pada waktu pagi hingga sore hari. Sehingga yang efektif adalah dengan menghindari gigitan pada waktu tersebut.”jangan tidur pada waktu tsb, bila terpaksa pakailah kelambu, ” Ujar Danden Kesyah (penrem023).

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

close
Banner iklan disini