oleh

Cegah Abrasi, Pos Animha Tuban Tanam Pohon Cemara

(Tuban). Pos animha Tuban dibawah pimpinan Mayor Marinir Edy Supriyanto bersama para Muspika dan aparat setempat melakukan penghijauan dan menangkal abrasi di wilayah pesisir Pantai Bancar Tuban, Kamis (07/10/2021).

Penghijauan tersebut dilakukan dengan menanam 25 ribu pohon jenis cemara udang di sepanjang pesisir pantai guna mencegah abrasi.

Kegiatan penghijauan ini dipimpin langsung Komandan Pos Animha Mayor Marinir Edy Supriyanto dengan melibatkan sepuluh personil anggota Pos Animha Tuban.Turut hadir, sejumlah perwakilan Dinas lingkungan hidup yang terkait di Lingkungan Pemkab Tuban, Camat Bancar Bpk. Sutaji dan Babinsa Serma Soleh.

Dan Pos Animha mengatakan, penghijauan ini merupakan program teritorial wilayah Pesisir Pantai Bancar Tuban Jawa Timur untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan penghijauan.

Pemerintah pusat saat ini tengah meluncurkan gerakan “Indonesia menanam pohon” untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Lewat kegiatan ini, kami ingin turut andil dalam program menghijaukan Indonesia. Kita awali dulu dari pantai Bancar Tuban kita tanam 25.000 cemara udang di berbagai titik untuk mencegah abrasi,” kata Dan Pos Animha Tuban.

“Dengan menanam banyak pohon di Pantai Bancar, kita ingin pantai ini menjadi destinasi daerah Latihan Marinir sebagai satu bentuk sinergi kami dengan Pemda. Kami berkomitmen akan terus menjalin sinergi yang harmonis bersama Pemkab Tuban,” tegas Danpos Animha.

Pemkab Tuban pun selama ini telah intens melakukan program penghijauan ini guna menjaga kelestarian alam.

Danpos Animha Tuban lantas mengajak seluruh masyarakat Tuban untuk aktif melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing. Dengan aktif melakukan penghijauan, udara bakal lebih sehat karena berlimpah oksigen.

Berbagai potensi ancaman bencana alam juga bisa diminimalisir, misalnya tanah longsor dan kekeringan karena akar-akar pohon ini akan mensuplai cadangan air yang cukup, juga menahan tanah supaya tidak longsor.

“Jadi jangan tunda lagi untuk menanam pohon. Dengan menanam pohon sejak saat ini, artinya kita telah berinvestasi oksigen untuk anak cucu kita,” pungkas Mayor Edy Supriyanto.

Selama kegiatan berjalan aman dan lancar serta selalu memperhatikan prokes Covid 19.

Berita Lainnya