oleh

Calon Rapala Banyuwangi Bakamla RI Berhasil Selamatkan Korban Tenggelam di Perairan Beach Klatak

OKEBUNG|
Dua nelayan Calon Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla RI berhasil menyelamatkan dua nelayan yang tenggelam akibat cuaca buruk di perairan Beach Klatak Banyuwangi, minggu (4/10/20).

Korban atas nama Salim (50) dan Rofi (38) berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat setelah terapung apung ditengah laut selama satu hari. Korban ditemukan sekira pukul 22.00 WIB pada koordinat 8°10’29.38″S – 114°24’43.00″T.

Awal kejadian, pada hari jumat (2/10) pukul 14.00 WIB dua korban dengan menggunakan kapal berjenis fiber mengangkut galvalum berangkat dari perairan Beach Klatak menuju ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Diperkirakan kapal sampai pukul 17.00 WIB, namun tidak kunjung tiba dan komunikasi terputus. Hingga malam hari tidak ada kabar, anak korban bernama Andri beserta keluarga mencari kedua korban dari perairan Beach Klatak hingga perairan Gilimanuk Bali sampai pukul 22.00 WIB dengan hasil nihil.

Kemudian, proses pencarian berawal dari laporan anak korban Andri kepada Calon Rapala Bakamla RI pada pukul 17.15 WIB (3/10). Dari hasil laporan tersebut dua nelayan Calon Rapala dengan beberapa rekan lainnya menggunakan perahu nelayan menyisir di sekitar perairan Beach Klatak dan berhasil evakuasi korban.

Perlu diketahui, Calon Rapala Bakamla RI ini adalah nelayan binaan Bakamla RI. Dua tahun berturut-turut mereka sudah menerima pembekalan SAR, Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) dan survival di laut dari Bakamla RI.

Rencana pada Rabu (7/10) Calon Rapala Bakamla RI ini akan dikukuhkan oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E., di Lanal Banyuwangi.

News Feed