oleh

BPOM: Mayoritas Es Batu Itu Mengandung Cemaran Mikroba

OKEBUNG|
Jika kita sedang haus dan mencampur minuman dengan es batu pasti disukai banyak orang.Namun,dibalik kenikmatan dan kelegaan tenggorokan ternyata menyimpan sebuah teka-teki. Berdasarkan temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di dalam kandungan es batu banyak mengandung mikroba.

Fakta ini dibenarkan oleh Kepala BPOM Roy Sparringa. Menurutnya, cemaran mikroba dapat mengundang penyakit ke dalam tubuh kita.

“Mayoritas es batu yang beredar di masyarakat tidak aman karena sudah tercemar mikroba. Es batu itu banyak dibuat dari air sungai lalu dijernihkan dengan tawas,” kata Roy kepada wartawan di Gedung Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (20/11/2014)dikutip dari okezone.com.

Lanjut Roy, dalam cemaran mikroba memiki kandungan patogen yang menyebabkan diare hingga thypus. Hebatnya, usus manusia sudah kebal menerima bakteri itu. Tapi dampak yang dirasakan dalam waktu jangka lama.

“Kalau (manusia) minum es seperti main lotre. Bisa saja es batu itu ada patogen yang bisa mengakibatkan thypus. Lucunya, selama ini kita (sering minum es) dapat mukjizat terus makanya orang-orang gak pernah sakit,” tutupnya.(admin/net)
Foto:Ilustrasi\

News Feed