oleh

Binsiap Apnonkowil,Membekali Prajurit Dalam Menghadapi Ancaman Negara

OKEBUNG|
Yonarmed 2/105 menggelar kegiatan pembinaan Aparat Non Komando Kewilayahan bagi para prajuritnya dengan Tema “Melalui kegiatan Binsiap Ap Nonkowil kita tingkatkan peran aparat satnonkowil guna mewujudkan TNI AD yang terlatih, profesional dan manunggal dengan rakyat” (15/9/2020), bertempat di Aula Djarot Soepadmo,

Turut hadir Wadanyonarmed 2, serta seluruh Danrai Staf. Tujuan dari pelaksanaan binsiap apnonkowil ini adalah untuk menyiapkan aparat satuan non kowil dalam melaksanakan tugas binter untuk memelihara dan meningkatkan sumber daya dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan binter.

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak selaku pemateri adalah Kapten Arm Asori Harefa dimana prajurit Kilap Sumagan diberi pembekalan materi tentang sikap Teritorial bagi aparat non komando kewilayahan, lima kemampuan Teritorial dan metode binter.

Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu” (Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman, Yogyakarta, 1 Januari 1946).

Mencermati kalimat dari sekelumit amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman pada tahun 1946 dengan kata kunci “Tentara” dan “Masyarakat” seperti tidak bisa terpisahkan karena antara satu dengan lainnya saling berkaitan layaknya jiwa dan raga. Jati Diri TNI selain sebagai tentara profesional merangkap sebagai tentara pejuang, tentara nasional dan tentara rakyat. TNI dalam kiprah pengabdiannya senantiasa menomorsatukan kepentingan rakyat, sesuai slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat” dengan terus berupaya mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai senjata ampuh yang dahsyat dalam Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

“Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat tidak bisa dilakukan secara “instan” namun harus “konstan” dipersiapkan secara dini agar senantiasa terpelihara semangat bela negara, kesiapan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan Buatan maupun komponen lainnya yang tercakup dalam bagian Sishanta. Salah satu cara untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat adalah dengan kegiatan Pembinaan Teritorial. Ungkap Danyonarmed 2/105 Letkol Arm Hendrik Setiawan S.E.

Menghadapi Pandemi Covid-19, Yonarmed 2 tetap melaksanakan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus yang sangat mematikan ini.

News Feed