oleh

Bea Cukai Tanjung Priok Sita 37 Kontener Barang Selundupan

OKEBUNG|
Petugas Bea dan Cukai Tanjung Priok berhasil menyita 37 kontainer eksportasi minerba yang merupakan barang larangan dan pembatasan dengan nilai barang Rp 1,6 miliar lebih akan diselundupkan keluar negeri.

Rincian minerba yang akan diselundupkan ke Cina, Malaysia dan beberapa negara lainnya yakni 18 kontainer biji krom, 14 kontainer biji nikel, 2 kontainer biji tembaga dan 2 kontainer zeolit.

“Ada empat perusahaan yang melakukannya namun pelakunya belum tertangkap dan kita masih bekerjasama dengan aparat kepolisian mengejar pelaku” beber Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok Wijayanta,sebagaimana dikutip dari poskotanews.com.

Keempat perusahaan tersebut PT KTS ( manyelundupkan biji krom),  CV JGL (biji nikel) PT SIG (biji tembaga) PT SMG (zeolit alam).

“Pelakunya menggunakan nama ekaportir atau perusahaan orang lain. Memberitahukan jenis barang lain tidak sesuai dalam dokumen,” terang kepala KPU BC Priok.

Dalam pemberitahuan dokumen ekspor disebutkan jenis barang puluhan kontainer tersebut yakni zinc dust, split stone, dispresent triest, fees suplement.Kerugian negara dari bea ekspor  jika barang tersebut lolos yakni Rp.160 juta.

Saat ini, barang tersebut  dikuasai negara dan tergantung Kementerian Keuangan mau dilelang atau diapakan.

Sedangkan pelakunya melanggar pasal 103 Undang-Undang Kepabeanan dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 100 juta hingga Rp 5 miliar. (admin\net)
Foto:ilustrasi\

News Feed