oleh

BC Teluk Bayur Gagalkan Penyeludupan Sabu Senilai Rp5 Miliar Lebih

OKEBUNG|
Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Teluk Bayur berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabuseberat sekitar 2.714 gram bruto senilai Rp 5,43 Miliar di Bandara Internasional Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat.

Penggagalan upaya penyelundupan ini sendiri dilakukan pada Sabtu (22/11/2014) dengan modus pelaku yang digunakan adalah dengan menyembunyikan narkotika tersebut pada dinding tas sandang yang diletakan di dalam koper (false compartment).

Keterangan resmi dari Bea Cukai bahwa pelaku yakni seorang laki-laki berkewarganegaraan Jepang berinisial KM (71), eks penumpang pesawat Air Asia AK 403 rute Kuala Lumpur, Malaysia-Padang, Indonesia.

Setelah melakukan pemeriksaan, Kepala KPPBC Teluk Nibung selanjutnya menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Direktorat Narkoba Polda Sumatera Barat.

Seperti diketahui, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Methamphetamine merupakan kategori narkotika golongan I. Berdasarkan pasal 113 ayat (1) dan (2), penyelundupan narkotika golongan I ke Indonesia adalah pelanggaran pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp10 miliar. Dalam hal barang bukti beratnya melebihi 5 gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 miliar ditambah 1/3.(dna/admin)
Foto:ilustrasi\

News Feed