oleh

Barack Obama Akan Temui Jokowi Selama KTT APEC Beijing

OKEBUNG|
Presiden Barack Obama akan bertemu dengan mitranya Presiden Indonesia Joko Widodo untuk pertama kalinya pada pertemuan puncak pemimpin forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pekan depan di Beijing, Gedung Putih mengatakan, Jumat.

Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice mengatakan Obama juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott di sela-sela forum APEC, di mana para pemimpin dari kawasan itu berusaha untuk meraih kesepakatan perdagangan pan-Pasifik.

Namun, Gedung Putih mengesampingkan harapan banyak kemajuan yang banyak ditunggu tentang Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), yang akan mencakup 40 persen dari ekonomi global dan melibatkan 12 negara. Tiongkok bukan merupakan pihak bagi negosiasi mereka.

KTT para pemimpin APEC yang akan dimulai Senin (10/11) di Beijing menandai pertemuan internasional terbesar bagi tuan rumah Xi sejak ia mengambil jabatannya pada 2012.

Rice mengatakan kunjungan kenegaraan resmi Obama dengan Presiden China Xi Jinping, akan memberikan kedua pemimpin berbagai peluang untuk dialog.

“Presiden Obama menghargai kesempatan untuk melakukan pembicaraan bebas dan mendalam dengan Presiden Xi tentang prioritas kami masing-masing berkat hubungan bilateral yang luas dan penting AS-Tiongkok,” kata Rice.

“Kami berusaha untuk membangun hubungan dengan Tiongkok bahwa kemajuan ekonomi Amerika dan kepentingan keamanan, itu memecahkan masalah-masalah global dan sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan Amerika,” katanya.

Beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri AS John Kerry menghadiri pelantikan Presiden Jokowi, mantan eksportir furniture yang merupakan pemimpin Indonesia pertama sejak jatuhnya rezim Suharto pada 1998 datang dari luar elit politik dan militer.

Di sela-sela upacara pengambilan sumpah bulan lalu, Kerry melakukan serangkaian pertemuan bilateral untuk mendesak Widodo dan pemimpin Asia Tenggara lainnya untuk mengambil tindakan lebih terhadap ancaman dari militan Negara Islam.

Setelah kunjungan di Tiongkok, Obama akan berkunjung ke Myanmar untuk KTT Asia Timur, dilanjutkan kunjungan ke Australia untuk KTT G20.

Di Myanmar, ia akan bertemu dengan pemimpin lama oposisi Aung San Suu Kyi di Yangon pada 14 November.

Dia juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Thein Sein selama di Myanmar pada 12-14 November.

Rice menegaskan saat ini tidak ada pertemuan resmi direncanakan antara Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Namun, dia mengisyaratkan kemungkinan “komunikasi informal” pada KTT G20 antara kedua pemimpin, yang memiliki hubungan tegang selama krisis di Ukraina dan isu-isu lainnya. Demikian laporan AFP.(ant\Net)
Foto:obama\net\

News Feed