oleh

Bank Indonesia Implementasikan Transformasi Menuju 2024

OKEBUNG |
Pihak Bank Indonesia (BI) secara resmi memulai implementasi program transformasi menuju Bank Indonesia 2024. Program Transformasi ini, didasarkan pada Arsitektur Fungsi Strategis Bank Indonesia 2014-2024 yang telah disusun Bank Indonesia.

Program transformasi ini akan mempercepat langkah Bank Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dalam mengendalikan inflasi serta mendukung tercapainya Stabilitas Sistem Keuangan.

Program Transformasi ini juga akan meningkatkan inovasi Bank Indonesia di area Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang. Bank Indonesia mendedikasikan seluruh upaya transformasi ini untuk menjadi bank sentral yang semakin kredibel dan terbaik di regional serta memberi manfaat lebih bagi bangsa dan rakyat Indonesia.

Implementasi program transformasi didukung dengan komitmen Dewan Gubernur beserta seluruh pimpinan dan jajaran pegawai Bank Indonesia. Untuk melaksanakan program transformasi yang terukur dan terkelola dengan baik, BI membentuk Pusat Program Transformasi BI (PPTBI) guna mengawal implementasi Program Transformasi.

Hal ini, sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia, tahapan perkembangan ini akan dipublikasikan dalam laporan-laporan akuntabilitas dan informasi lainnya.

Berikut ini program Transformasi Bank Indonesia yang akan diimplementasikan melalui 5 Tema Transformasi, seperti dikutip laman BI, Jakarta, Sabtu (25/10/2014)sebagaimana dilansir okezone.com.

1. Policy Excellence

Kebijakan BI harus berkualitas prima agar dapat berkesinambungan dan efektif dalam menjaga stabilitas perekonomian dan sistem keuangan nasional. Program yang akan dilakukan antara lain penguatan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, pengembangan National and Regional Financial Balance Sheet, serta peningkatan koordinasi dengan stakeholders dan transparansi komunikasi.

2. Outstanding Execution

Dalam melaksanakan kebijakan BI akan memberikan yang terbaik dan efektif. Bank Indonesia akan memperkuat kantor perwakilan BI di daerah, membangun Center of Excellence di area pengawasan sistem keuangan dan sistem pembayaran, serta manajemen risiko dan manajemen kelangsungan tugas BI.

3. Institutional Leadership

Menyadari eratnya keterkaitan pelaksanaan peran BI di beberapa aspek dengan instansi lainnya, maka BI terus mendorong kerjasama dan koordinasi antar lembaga. Beberapa program yang akan dilakukan bersama instansi terkait adalah penguatan manajemen krisis, pendalaman pasar keuangan, pengembangan National Payment Gateway, mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (elektronifikasi instrument pembayaran), pengembangan keuangan inklusif dan UMKM serta keuangan syariah.

4. Motivated Organization

SDM BI harus mampu untuk tidak sekedar kompeten namun bermotivasi kuat dalam menjalankan tugasnya sesuai nilai-nilai strategis BI. Untuk itu akan dilakukan serangkaian program kapabilitas dan motivasi pegawai misalnya membangun BI Academy, transformasi strategi perencanaan SDM dan rekrutmen serta manajemen kinerja BI, leadership engine, dan restrukturisasi organisasi agar lebih efisien dan efektif.

5. State of The Art Technology

BI akan meningkatkan pemanfaatan teknologi dan pendekatan mutakhir secara inovatif untuk mendukung menjadi yang terbaik. Beberapa program yang akan dilakukan adalah memanfaatkan Big Data untuk mendukung pengambilan keputusan, mentransformasi sistem informasi BI termasuk pengembangan proyek-proyek strategis.

Pelaksanaan Program Transformasi menuntut sumber daya dan pemikiran terbaik dari seluruh jajaran Bank Indonesia. Selaras dengan nilai-nilai strategis BI yang mencakup Trust & Integrity, Professionalism, Excellence, Public Interest, serta Coordination & Teamwork.(admin)

Foto:internet\

News Feed