oleh

Bangkitnya Semangat Gotroy Masyarakat Sicanang Berkat TMMD Kodim 0201/BS

SICANANG BELAWAN – TMMD ke-99 yang sedang berlangsung diseluruh wilayah tanah air yang dilaksanakan TNI AD, merupakan bentuk dan sebagai wahana membangkitkan kembali semangat gotong royong (gotroy) masyarakat. Budaya gotong royong tersebut merupakan tradisi bangsa Ini yang diwariskan nenek moyang bangsa, hal tersebut sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 dan Pancasila.

Gotong royong merupakan juga sebagai bentuk penanaman nilai-nilai Pancasila, karena dengan bergotong royong persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud. Oleh karena itu, gotong royong berguna untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“TNI khususnya TNI AD melalui program TMMD nya selalu berupaya membangkitkan kembali semangat budaya dan tradisi bangsa yang pada akhir-akhir ini budaya gotong royong sudah semakin luntur dan bahkan hilang di masyarakat,”ungkap Wadan Satgas TMMD Ke 99 Kodim 0201/BS Letkol Inf Edison.

Selain bangkitkan semangat kegotongroyongan, TMMD juga sebagai wahana meningkatkan dan mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat. TMMD yang dilaksanakan diseluruh wilayah tanah air dengan berbagai kegiatan baik fisik dan non fisik diberbagai wilayah menunjukkan bahwa TNI AD serius dan turut serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya didaerah terpencil serta untuk mewujudkan pertahanan negara.

Wujud nyata bangkitya kegotongroyongan dalam TMMD, setiap pelaksanaan program TMMD kegiatan dilakukan secara bersama-sama dengan komponen bangsa dan elemen masyarakat diwilayah, antara TNI, Polri, Pemda, unsur terkait serta warga masyarakat yang secara langsung bahu membahu dalam pelaksanaan kegiatan, program TMMD yang dilaksanakan ini juga berdampak langsung bagi masyarakat setempat yang terdampak dalam pelaksanaan TMMD.

Mereka berbaur bersama untuk membangun daerahnya guna menyongsong masa depan yang lebih baik. Dengan membangun bersama-sama untuk kemaslahatan masyarakat seperti melaksanakan kegiatan membuka jalan tembus antar desa/dukuh ataupun dengan membangun dan memperbaiki sarana dan prasarana infrastruktur lainnya seperti irigasi, rumah tinggal, tempat ibadah dan sebagainya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri serta meningkatkan rida perekonomian mereka sehingga hal ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang terdampak program TMMD.
(YAs)

News Feed