oleh

BANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT BELA NEGARA DAN CINTA NKRI, DANRAMIL 0201-14/PB SAMPAIKAN MATERI WASBANG DI DESA SILUE LUE KEC NAMO RAMBE

OKEBUNG|
Guna membangkitkan kembali semangat bela negara dan menumbuhkan rasa cinta kepada NKRI khusus nya bagi generasi muda, sangat penting di berikan kembali pencerahan wawasan kebangsaan secara
berkelanjutan agar tertanam jiwa patriot yang rela berkorban untuk Bangsa dan Negara pada setiap masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada siang hari ini (11-10-2021) sekitar pukul 10.00 wib telah di laksanakan kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan oleh Muspika Kec Namo Rambe terhadap perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dan seluruh Perangkat Desa Silue Lue Kec Namo Rambe. Kegiatan ini adalah Program Kerja masing masing Pemerintah Desa yang ada di Kec Namo Rambe pada Tahun 2021 dengan Sasaran Non Fisik. Mengingat saat ini masih dalam situasi di tengah masa pandemi Covid 19, kegiatan yang di laksanakan di Balai Desa Silue Lue ini di laksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat bagi seluruh Narasumber maupun Peserta yang hadir.

Beberapa Pejabat Muspika Kec Namo Rambe dan Narasumber serta Peserta yang hadir pada kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan hari ini di Balai Desa Silue Lue adalah Camat Namo Rambe Bapak Amos F Karo Karo, S.Sos, M.AP,Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo,Kanit Reskrim Polsekta Namo Rambe Iptu Pol Nasrul,Kanit Intel Cabjari Pancur Batu Bapak Rizaldi SH, MH,Kepala Desa Silue Lue Bapak Edikin Pelawi,Babinsa Koramil 0201-14/PB Sertu Erwanto,Bhabinkamtibmas Aiptu VJ Sibarani,Ketua BPD dan Ketua LPM Desa Silue Lue,Perangkat Desa Silue Lue,Tomas, Toga dan Toda Desa Silue Lue.

Pada kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan hari ini, seluruh Narasumber dari Muspika Kec Namo Rambe yang hadir memberikan penjelasan dan penyampaian Materi secara bergiliran, agar seluruh Perangkat Desa dan perwakilan masyarakat yang hadir bisa mengerti dan memahami tentang berbagai permasalahan terkait dengan Penerapan Hukum di tengah masyarakat, Penyalahgunaan Narkoba, menumbuhkan jiwa gotong royong serta upaya membangkitkan semangat Bela Negara dan kecintaan terhadap NKRI. Khusus nya kepada generasi muda yang akan berperan dalam membangun Bangsa serta menjaga kedaulatan NKRI.

Seluruh materi yang di sampaikan oleh para Narasumber dalam kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan ini berazaskan Pancasila sebagai Dasar Negara, agar seluruh masyarakat khusus nya generasi muda Desa Silue Lue dapat mengamalkan seluruh point point penting yang di sampaikan pada kegiatan ini dalam kehidupan sosial bermasyarakat di seluruh wilayah Desa Silue Lue Kec Namo Rambe.

“Imbas dari kemajuan jaman dan perkembangan tekhnologi yang modern, banyak generasi muda saat ini yang sudah lupa akan jati diri nya sebagai Bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak generasi muda saat ini yang terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba, melakukan tindakan kriminal yang bertentangan dengan hukum, tidak peka terhadap kehidupan sosial di sekitar nya, tidak memiliki semangat kebersamaan dalam memajukan Bangsa, dan bahkan tidak lagi memiliki kecintaan dan semangat rela berkorban terhadap NKRI. Tentu nya hal ini tidak boleh kita biarkan karena akan berdampak sangat berbahaya terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara kita. Khusus nya kepada generasi muda yang di harapkan paling berperan untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta membangun Bangsa Indonesia pada masa yang akan datang.” Demikian hal hal yang di sampaikan oleh Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo ketika menyampaikan Materi Wawasan Kebangsaan pada kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan di Balai Desa Silue Lue siang hari tadi.

Di tempat yang sama, Kanit Reskrim Polsekta Namo Rambe Iptu Pol Nasrul menyampaikan Materi tentang Penyalahgunaan Narkoba, Tata cara pembuatan Laporan Polisi dan Upaya untuk Pencegahan Tindakan Kriminal di wilayah Desa. Sedangkan Kanit Intel Cabjari Pancur Batu Bapak Rizaldi SH, MH menyampaikan Materi tentang Pengelolaan dan Penggunaan Anggaran Dana Desa agar tidak menyalahi Hukum dan Undang Undang, dan juga beberapa hal yang menyangkut tentang Hukum Pemerintahan Desa, khusus nya di masa pandemi Covid 19 saat ini.

Melalui kegiatan Penerangan Hukum dan Wawasan Kebangsaan ini, di harapkan dapat membuat Perwakilan masyarakat khusus nya generasi muda Desa Silue Lue bisa mengerti dan memahami tentang penerapan Hukum di lingkungan masyarakat, tidak terlibat tindakan kriminal dan menjauhi penyalahgunaan narkoba, serta memiliki semangat kebersamaan untuk membangun Bangsa dan juga memiliki kecintaan terhadap NKRI. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menjadi tulang punggung kemajuan Bangsa serta penjaga keutuhan NKRI. (14/PB).

Berita Lainnya