oleh

Babinsa Lengkong dan PPL Dampingi Pok Tani “Bina Tani”Laksanakan Panen

OKEBUNG|
Senyum lebar menghiasi kelompok tani “Bina Tani” Desa Lengkong Kecamatan Umbulharjo, Jember saat memanen padi dilahannya.Babinsa Lengkong Kopda Riyanto bersama PPL Bastian mendampingi Kelompok Tani “Bina Tani” memanen padi dilahannya yang terletak di Dusun Krajan Ds Lengkong Kec. Mumbulsari Kab Jember.

Luas lahan yang dikelola oleh kelompok tani tersebut sekitar 52 Ha kesemuanya ditanami padi dan saat ini sedang pada masa panen.

Ketua kelompok tani “Bina Tani” Supardi 49 tahun saat kami wawancarai menyampaikan rasa bahagianya disaat masa panen seperti ini, karena semenjak pengolahan lahan kami bersama anggota kelompok tani didampingi penuh oleh Babinsa dan PPL.

Sehingga apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara tehnis oleh Babinsa bersama PPL, pada panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya.

Pada panen sebelumnya per hektar menghasilkan sekitar 10 ton kini diperkirakan bisa mencapai sekitar 10,5 ton per hektarnya, untuk itu kami sangat bahagia sekali. ujar Supardi.

Danramil 0824/10 Mumbulsari Kapten Inf Didik Purwo Budianto saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, hampir di semua Desa di Mumbulsari ini sedang pada masa panen, mudah-mudahan hal ini akan memaksimalkan persediaan gabah awal tahun 2016.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P saat kami konfirmasi menjelaskan bahwa Februari 2016 ini merupakan panen perdana, ada sekitar 3.120 hektare (Ha). Areal tersebut tersebar di empat wilayah kecamatan, yakni Mumbulsari, Rambipuji, Sumberbaru dan Mayang.

Lebih lanjut Muhammad Nas menyampaikan bahwa pihaknya bersama Dinas Pertanian Kabupaten Jember bertekat memaksimalkan produktifitas dan areal tanam, bahkan beberapa waktu yang lalu saya bersama Direktur Pembiayaan PSP Kementan sudah mengecek beberapa lahan yang belum pernah ditanami padi,akan kita tanami padi bahkan sudah kita kalkulasi termasuk kebutuhan sarana dan prasarananya. (sis24)

News Feed