oleh

Babinsa Koramil 05/MB bersama Lurah Sei Mati Mediasi Pertikaian Antar Warga

OKEBUNG|
Wujud kepedulian terhadap warga binaannya, Babinsa Koramil Koramil 05/MB Kodim 0201/BS Serka Bambang Hernawan bersama Lurah Sei Mati Romji SH membantu memediasi pertikaian yang terjadi antar warga binaannya yang dilaksanakan di kantor Lurah Sei Mati Kecamatan Medan Maimun.

Pertikaian antar warga terjadi pada saat malam pergantian tahun 2020 dimana remaja warga lingkungan 8, 9 dan 11 bentrok saling lempar batu dan pembakaran satu unit sepeda motor yang berawal dari aksi ejek antar kelompok remaja selanjutnya berujung pada penangkapan 6 orang remaja sebagai tersangka oleh pihak Aparat, namun atas kejadian tersebut warga telah sepakat melakukan perdamaian dan memberikan ganti rugi terhadap kelompok remaja yang mengalami kerugian.

Dalam mediasi tersebut turut hadir para Tomas, Toga dan para orang tua dan kelompok remaja yang bertikai selanjutnya Babinsa memberikan penjelasan bahwa segala permasalahan yang terjadi alangkah baiknya bila diselesaikan dengan kepala dingin, jangan mengandalkan emosi dan otot apalagi sampai menggunakan senjata tajam. Karena bila pertikaian ini sampai berlanjut memakan korban jiwa, bukan hanya korban saja yang dirugikan, tetapi si pelaku juga dapat diproses dengan jalur hukum yang tentunya dapat merugikan si pelaku dan juga keluarganya, “tegas Babinsa”

Lebih lanjut Lurah Sei Mati Romji SH mengatakan harapan kami agar kedua belah pihak dapat mengoreksi diri dan menghilangkan sifat egois, karena setelah kedua syarat itu terpenuhi maka kita dapat bermusyawarah bersama-sama untuk mencari jalan terbaik, guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan jalan berdamai, sehingga kedepannya dapat lebih lagi meningkatkan rasa saling menghargai serta memelihara rasa persaudaraan di lingkungan tempat tinggal kita. “Ucap Lurah”.

Diakhir kegiatan mediasi, masing-masing pihak dapat menerima keputusan bersama secara damai dan kedua belah pihak membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut.{05)

News Feed