oleh

Babinsa Koramil 05/KJ : Security Harus Tingkatkan kewaspadaan Dan Jeli Terhadap lingkungan

Jakarta – Babinsa Koramil 05/KJ Kodim 0503/JB Peltu Sukresna, Ak disela-sela kesibukannya meluangkan waktu untuk Komsos dengan Security Kantor 8 Aula, Jl. Raya Arteri Panjang, Rw. 05, Kel. Kelapa Dua, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pukul 11.00 Wib, Selasa (19/11)

Dalam kesempatan tersebut, Peltu Sukresna, Ak menyampaikan kepada Security, Bapak Sakrih tentang pentingnya upaya dalam memelihara dan meningkatkan keamanan lingkungan.

“Keamanan lingkungan tidak terlepas dari peran masyarakat dalam menjaga dan memelihara keamanan tersebut. TNI dan Polri adalah Institusi yang berperan dalam hal keamanan, namun tidak akan maksimal tanpa keterlibatan masyarakat “,kata Peltu Sukresna, AK.

Tambahnya, tentunya untuk menciptakan kemanan dan ketertiban di lingkungan kita, sangat diperlukan kesadaran dan partisipasi dari semua lapisan masyarakat, bukan hanya petugas keamanan saja.

“Sebagai
Security tentunya harus meningkatkan kewaspadaan dan jeli terhadap lingkungan diluar area kerja maupun diarea gedung tempat tugas. Upayakan selalu berkoordinasi dengan aparat wilayah dari Rt, Kelurahan, Kecamatan, Polsek, terutama Koramil paling dekat dengan Kantor ini”, ungkap Babinsa.

Menurutnya, terciptanya koordinasi dan komunikasi aktif yang dilakukannya ini adalah langkah dan upaya untuk pencegahan dini dan deteksi dini terhadap hal atau gejolak apapun yang ada di wilayah tugas dan tanggung jawabnya sebagai Babinsa Kel. Kelapa Dua selalu dapat dimonitor.

“Hal ini dapat berjalan baik bila semua unsur di wilayah berperan aktif memberikan informasi keadaan lingkungan kepada Instansi keamanan, baik Polsek maupun Koramil dan Satpol-PP sebagai satuan kewilayahan”, Jelasnya.

Ia melanjutkan, Melalui Komsos Babinsa di wilayah tugasnya dengan masyarakat tambahnya, dimaksudkan agar masyarakat semakin dekat dengan Babinsa serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap keamanan dan terhadap lingkungannya sendiri dan aktif dalam memberikan informasi terhadap aparat terkait.(amr/Red)

News Feed