oleh

Babin Kamtibmas Adalah Tulang Punggung Kepolisian Dalam Menjaga Keamanan

OKEBUNG |
Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno menyatakan bahwa peran Babin Kamtibmas sangatlah penting ditengah-tengah masyarakat. Karena Babin Kamtibmas termasuk tulang punggung kepolisian dalam menjaga keamanan.Maka itu,Babin Kamtibmas terus menghimbau kepada masyarakat supaya tidak menjadi pelaku kejahatan.

“Demikian dikatakan Kabagharkam Mabes Polri,Selasa (09/12/2014)saat kunjungannya ke Mapolresta Medan.Dia menyebutkan bahwa peran personel Babin Kamtibmas diharapkan bisa mendeteksi secepat mungkin jika ada mendengar ataupun melihat gejolak-gejolak di tengah masyarakat.

“Perlu diketahui bahwa Babin Kamtibmas merupakan panglima keamanan. Apalagi, keamanan merupakan salah satu unsur penting dalam kelanjutan pembangunan nasional,” ungkap Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Disebutkannya bahwa keamanan tak hanya tugas polisi.Tetapi polisi diperintahkan Undang-undang berdiri paling depan dibantu Pemda/Pemprov serta TNI untuk menjaga dan menciptakan keamanan,”tegasnya.

Sementara itu,Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta mengatakan pihaknya sebelumnya juga sudah beberapa kali melakukan pelatihan kepada Babin Kamtibmas.

“Setiap Kepala Satuan (Kasat) diminta memberi pengarahan. Ke depan, diharap kemampuan berdialog personel Bhabin Kamtibmas ke masyarakat semakin meningkat.Karena,Babin Kamtibmas merupakan tulang punggung dan harapan kepolisian untuk menjaga keamanan,”sebutnya.

Untuk personilnya,kata Nico,kita sudah menyalurkan 50 sepeda motor untuk para anggota Bhabin Kamtibmas dan nantinya akan ditambah lagi.

“Saya bangga dengan datangnya Kabagharkam Mabes Polri,karena Polresta pertama yang dikunjungi di jajaran Polda Sumut,”ungkapnya.

Turut hadir, Direktur Binmas Polda Sumut Kombes Pol Hery Subiansauri,Waka Polresta AKBP Hondawan, para Kasat dan Kapolsek se-jajaran Polresta Medan.(Fer)

Foto :fer/

News Feed