oleh

Awal Pekan,Rupiah Kembali Melemah , Dolar AS Tembus Rp 13.120

OKEBUNG|
Awal pekan ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih belum menunjukkan taringnya. Bahkan diprediksi dolar AS masih akan terus menguat dalam jangka panjang.

Pada pembukaan perdagangan pagi tadi, sebagaimana dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (11/05/2015), dolar AS dibuka menguat di posisi Rp 13.050 dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 13.110.

Sayangnya secara perlahan dolar AS terus menguat, sampai ke titik tertingginya hari ini di Rp 13.120. Pelemahan rupiah ini sudah terjadi sejak pekan lalu.

Fenomena penguatan dolar AS ini bisa dibilang sebagai ‘super dolar AS. Perbaikan ekonomi AS mau tidak mau akan menekan semua mata uang negara lain, termasuk Indonesia.

Isu kenaikan suku bunga AS oleh bank sentralnya, yaitu The Fed, membuat ketidakpastian di pasar, posisi dolar AS di tahun ini diperkirakan akan berada di level Rp 13.300 hingga Rp 13.400.

Pasalnya, begitu ekonomi Negeri Paman Sam membaik, maka dana-dana yang selama ini nongkrong di negara berkembang akan ‘pulang kampung’.[okz\admin]

Foto|ilustrasi dollar\net

News Feed