oleh

ASEAN Menargetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,1 Persen

OKEBUNG|
ASEAN menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen ,diatas pertumbuhan ekonomi global yakni 3,5 persen, demikian disampaikan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel saat menghadiri pertemuan Menteri Bidang Perekonomian ASEAN (AEM) ke-21 di Malaysia.

“Indonesia tetap berkomitmen mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2015, dengan target pertumbuhan ekonomi ASEAN sebesar 5,1 persen,” kata Mendag melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu,04 Maret 2015,dilansir antaranews.com.

Dia mengatakan, komitmen tersebut diikuti dengan catatan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi pembangunan ekonomi seluruh negara anggota ASEAN.

Mendag, yang memimpin delegasi Indonesia secara langsung tersebut, menghadiri AEM pertamanya sejak dilantik sebagai Menteri Perdagangan RI pada Oktober 2014.

Dalam pertemuan ini, sejumlah topik utama dibahas, seperti implementasi inisiatif Cetak Biru MEA, Visi MEA Pasca 2015, (AEC Vision Post 2015).

Sejumlah usulan capaian ASEAN di masa kepemimpinan Malaysia juga menjadi diskusi, di antaranya pemberlakuan ASEAN Business Travel Card (ABTC) dan pembahasan pengembangan ASEAN Trade Facilitation.

Selain itu juga dibicarakan perkembangan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan perkembangan perundingan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN + 1.

Para Menteri Ekonomi ASEAN juga melakukan dialog dengan para pelaku usaha ASEAN yang diwakili oleh ASEAN Business Advisory Council (ABAC). [ant\net]

Foto|dok/net

News Feed