oleh

Aris Merdeka Sirait Dicopot Dari Jabatan Ketua Komnas PA         

Buananusantaraonline.com-Jakarta, Lembaga Perlindungan Anak Provinsi di Indonesia bersama Ka Seto diwakili oleh Rudi Bay Haki sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak dari Sumatera Selatan, Kamis (17/03/20!6) di Jakarta mengumumkan pernyataan sikap bahwa  Kak Seto sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak menggantikan Arist Merdeka Sirait.

Pernyataan sikap ini ditenggarai karena beberapa faktor yang dinilai mendasar. Salah satunya, adalah sikap Arist Merdeka Sirait yang tidak menganggap dan berkoordinasi dengan perwakilan komnas anak disetiap wilayah (provinsi), ini mencirikan Aris seperti membawa nama pribadi bukan sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak.

“Mandat yang kita berikan kepada Aris Merdeka Sirait sudah kita cabut semenjak 27  Februari 2016 sudah tidak lagi sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia,” jelas Rudy Bay Haki.

Untuk memperbaiki organisasi ini pihak LPA sedang mempersiapkan Forum Nasional (Fornas) Luar Biasa, sementara ini untuk mengisi kekosongan ini LPA se-Indonesia menunjuk Kak Seto sebagai Ketua LPA sementara, sampai terlaksananya Fornas Luar Biasa.

Lembaga Perlindungan Anak dibentuk pada tahun 1998  melalui Forum Nasiomal dengan nama Lembaga Perlindungan Anak Pusat lalu kemudian diganti menjadi Komisi Nasional Perlindungan Anak, dan setiap 4 tahun selalu ada Forum Nasional.

Pada Fornas ke-4 tahun 2010 Arist Merdeka Sirait dipilih menjadi Ketua Komas Perlindungan Anak, dengan Kak Seto sebagai Ketua Dewam Pembina Komnas Perlindungan Anak. Karena banyak masalah maka Fornas yang seharusnya dilaksanakan pada Tahun 2014 baru bisa terselenggara pada November 2015.

Alasan dipilihnya Kak Seto karena ia dinilai berpengalaman dalam memimpin lembaga sekelas Komnas PA. “Selain itu, ia juga sudah terbukti mampu mencegah dan menyelamatkan anak-anak Indonesia dari bahaya kekerasan,” Kata Rudy memakili 15 + 2 Lembaga Perlindungan Anak Indonesia.

“Setelah ditunjuk mengisi kekosongan Ketua sementara saya sudah bertemu dengan Bang Aris, mengajak dialog dengan wakil-wakil dari LPA provinsi akan tetapi Bang Aris lebih suka membahas semua masalah ini di Forum Nasional Luar Biasa,” ujar Kak Seto.

“Saya hanya ingin agar suasana di Komnas PA tetap pada suasana kenyamanan agar misi dan visi kita dalam menyelamatkan anak Indonesia dari kekerasan,” tambahya.

Turut hadir pada kesempatan ini perwakilan-perwakilan LPA dari provinsi adalah : Veronica Atta dari NTT, Esther Yuliani dari Riau dan M. Zainudin dari Lampung. (Ry)

News Feed