oleh

Apa Maksud Presiden Jokowi Tidur Di Ranjang Bung Karno

OKEBUNG|
Presiden Joko Widodo sudah mulai tinggal di Istana Merdeka. Jokowi, begitu disapa, disebut menempati kamar dan tidur di ranjang bekas Presiden Soekarno.

Putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri, kurang percaya. Menurut Rachma perlu dipastikan ranjang yang digunakan tidur oleh Jokowi benar-benar merupakan ranjang yang sama yang digunakan ayahnya dulu.

“Karena ketika Soeharto berkuasa semua benda bekas Soekarno ditaruh di gudang Istana dan diganti ranjang baru,” kata Ketua Front Pelopor Perjuangan itu kepada RMOL sesaat lalu (Jumat, 24/10).

Kabar bahwa Jokowi menempati kamar yang sebelumnya ditinggali Presiden Soekarno diungkapkan Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) yang dua hari lalu keliling istana bersama Jokowi. Sebelum Jokowi, belum ada satu pun dari presiden sebelumnya yang berani tidur di kamar yang konon aura mistisnya sangat kental tersebut.

Menurut Ahok, ranjang yang ditempati Bung Karno untuk istirahat memiliki ukuran sangat besar. Bahkan, melebihi ukuran ranjang milik Jokowi yang ada di rumah dinas Gubernur di Taman Suropati.

“Ranjang Pak Jokowi (di rumah dinas) enggak dibawa (ke Istana Merdeka). (Ranjang) punya Bung Karno di Istana Merdeka lebih gede, bisa kebanting lah, kamar di Istana juga lebih luas,” jelas Ahok.

Kalaupun benar tidur di atas ranjang Soekarno, Rachma menilai sikap Jokowi lebih buruk dari sikap Soeharto.

“Soeharto saja masih menjalankan falsafah mikul duwur mendem jero alias menghormati proklamator itu dengan tidak mau sembarangan menggunakan ranjang bekasnya, dan memilih memusiumkannya untuk peninggalan sejarah di musium Istana,” kata Rachma

Rachma menceritakan tak hanya sekali melihat kondisi berbagai ruangan di Istana Merdeka. Rachma pernah dipersilahkan oleh Presiden Soeharto melihat ruangan-ruangan Istana, kemudian saat Presiden Gus Dur dan terakhir ketika menjadi Wantimpres era Presiden SBY.

“Saya menyaksikan baik ruang maupun furniture kamar tidur sudah berubah termasuk kamar Bung Karno, sudah diganti semua,” demikian Rachma.(addmn)
Foto:Net\]

News Feed