oleh

Antisipasi Bencana Alam Danlantamal VII Pimpin Apel Gelar Personil Dan Material Latihan Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Antisipasi Bencana Alam Danlantamal VII Pimpin Apel Gelar Personil Dan Material Latihan Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Kupang Lantamal VII ,(29/09).

Mengantisipasi Bencana Alam yang terjadi di Kota Kupang, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP memimpin Apel Gelar Personel dan Material Latihan Penanggulangan Bencana Tahun 2021, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Jl. Supul Raya, Bolok, Kupang, Prov. NTT, Rabu (29/09).

Apel gelar personel dan material latihan penanggulangan bencana ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak. Adapun unsur – unsur yang terlibat dalam apel gelar personel diantaranya unsur laut dan tim kesehatan Lantamal VII, unsur Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Lantamal VII, unsur PRCPB Yonmarhanlan VII, unsur BPBD Prov. NTT dan BPBD Kupang, unsur Basarnas, unsur Polri dan unsur Masyarakat (Karang Taruna, Saka Bahari, dan SMK Mentari).

Latihan penanggulangan bencana ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E. menyampaikan bahwa pelatihan fungsi penanggulangan bencana alam terutama di Padang, Banten dan Kupang merupakan program TNI AL yang dilaksanakan Dispotmaral di wilayah kerja Lantamal II Padang, Lantamal III-Lanal Banten dan Lantamal VII Kupang pada Triwulan I TA 2021. Namun untuk wilayah Padang, Banten sudah dilaksanakan sesuai jadwal, tetapi untuk wilayah Kupang terpaksa ditunda pelaksanaannya mengingat kala itu sebagian besar wilayah Prov. NTT mengalami bencana alam angin topan seroja.

“Pelatihan fungsi penanggulangan bencana alam di Padang, Banten dan Kupang dilaksanakan dengan sasaran yaitu meningkatkannya kemampuan personel TNI AL dan masyarakat pesisir dalam melaksanakan peringatan dini gempa bumi, meningkatnya pemahaman tentang resiko bencana gempa bumi, tsunami di daerah Kupang, Padang dan Banten serta meningkatnya pemahaman peran dan fungsi masing-masing pelaku penanggulangan bencana di daerah maupun di pusat dalam menghadapi ancaman bencana”, ungkap Danlantamal VII dalam sambutan Kadispotmaral.

“Selain tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP), TNI juga ikut serta dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan penjabaran bahwa kita di Lantamal VII selain melaksanakan tugas pokok yaitu membina kekuatan dan kemampuan mendukung logistik dan adminitrasi bagi unsur TNI AL juga melaksanakan pembinaan potensi maritim, operasi maupun patrol serta kita juga harus siap dikerahkan dalam membantu tugas pemerintah di daerah”, tambah Danlantamal VII.

Diakhir sambutan Kadispotmaral, Danlantamal VII mengucapkan terima kasih atas seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan pelatihan ini dan tidak lupa untuk senantiasa selalu memohon kepada Tuhan YME agar tetap diberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan dalam meneruskan pengabdian kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.

Selesai rangkaian apel gelar latihan, Danlantamal VII menyerahkan Plakat dan Piagam dari Dispotmaral Mabesal kepada Kalak BPBD Prov. NTT, Kalak BPBD Kota Kupang, Ka Kansar Kupang dan Kepala BMKG Prov. NTT. Selanjutnya para personel latihan dilanjutkan ke Gedung Marshalling Lantamal VII untuk menerima pembekalan materi diantaranya pengenalan sistem peringatan dini gempa dan tsunami, strategi kebijakan penanggulangan bencana di NTT dan sistem komando tanggap darurat bencana.

Turut hadir dalam apel gelar personel tersebut, Kepala Pelaksana BPBD mewakili Gubernur NTT, Danrem 161/WS, Danlanud El Tari, Wadan Lantamal VII, para Asisten Danlantamal VII, Karo Ops Polda NTT, Wadir Polairud Polda NTT, Dansatrol Lantamal VII, para Kadis/Kasatker Lantamal VII, Kasiops Korem 161/WS, Wakapolresta Kupang, Ka kansar Kupang, Kasat Pol PP Kupang, Camat Alak, Lurah Namosain, Lurah Alak, Lurah Nitneo serta pejabat terkait lainnya.

Sumber : Kabagpen Lantamal VII.

Berita Lainnya