oleh

AnggotaSatgas Yonif RK 732/Banau Hadiri Peresmian Makam Keramat

OKEBUNG|
Anggota Pos Wairiang, SSK III, Satgas Pamrahwan Maluku Yonif Raider Khusus 732/Banau turut serta pada acara Syukuran, serta Tahlilan dalam rangka kegiatan Peresmian Makam Keramat Syech Datuk Maulana Zainal Abidin yang diselenggarakan Marga Marasabessy Putih Iman pada Rabu (17/06/2020), bertempat di Desa Kailolo, Pulau Haruku.

Adapun turut hadir dalam giat tersebut adalah, Kepala Pemuda Kalilolo Abdul Hamid Usemahu, Juru Kunci Makam Keramat Bapak H. Ede marasabessy Putih Iman, Tokoh Adat Abdul Rahman Tuanani, Raja Kailolo Bapak Rusdi Marasabessy, Staf Pemerintahan Negri Kailolo, serta personel Satgas Pamrahwan Maluku Dpp Wadanpos Wairiang, Serda Iksan.

Peresmian ini ditujukan sebagai bentuk melestarikan, mengenang, serta memelihara apa yang ditinggalkan oleh nenek moyang. Syech Datuk Maulana Zainal Abidin sendiri merupakan pemuka agama besar di Negri Kailolo yang berjasa untuk menyebarkan agama Islam.

“Penting bagi kami untuk terus memelihara warisan leleuhur, dengan menjaga hal tersebut, generasi-generasi penerus kita akan tahu peristiwa di masa lampau dan akan mengahargai sejarah” ujar Bapak Raja Negri Kailolo

Senada dengan Bapak Raja Kalilo, Juru Kunci Makam Keramat tersebut menyampaikan, ” Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, semoga yang kita perbuat ini akan bermanfaat, khususnya untuk anak cucu kita, agar mereka tau dari mana awalmulanya agamanya dibawa masuk ke wilayah ini”.

Selain melaksanakan giat syukuran dan peresmian tersebut, Masyarakat Negri Kailolo dan Pos Wairiang juga akan bekerja sama untum pemeliharaan. Sudah direncanakan dan dijadwalkan kegiatan untuk menjaga dan memelihara situs budaya tersebut. Diharapkan situs budaya ini dapat memberikan corak pada daerah tersebut serta memberikan daya tarik dunia luar untuk mengetahui. (Pendam16)

News Feed