oleh

Anggota Kodim 0507/Bekasi Pembudidayaan Ikan Lele Di Babakan Mustikasari

OKEBUNG|
Sebanyak 50 anggota Kodim 0507/Bekasi melaksanakan Pembudidayaan Ikan Lele program Satfterdim 0507/Bekasi. Kegiatan ini dalam rangka kegiatan peningkatan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Tersebar Kodim 0507/Bks dan sosialisai peternakan budidaya  ikan lele Kapten inf Agus Pasiter Kodim 0507/Bks di kolam lele Muhajat Tanjung bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Bekasi.

“Pelaksanaan pembudiyaan lele dan sosialisasi tersebut pada jumat 04/08/2017() pukul 15.00 WIBb di kolam lele bapak Muhajat Tanjung Jln linun Babakan Tengah Kel.Mustikasari Kec.Mustikajaya Kota Bekasi, dengan thema “Tingkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan dengan pengetahuan dan keterampilan aplikatif sehingga mampu beradaptasi terhadap kondisi lingkungan dalam rangka menyiapkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat dan tangguh”. kata Serda Jonnis.

Serda Jonnis menuturkan kegiatan yang dilaksanakan dimulai dengan cara pemijahan dan peternakan budidaya ikan lele yang di sampaikan oleh sertu Wahono anggota Koramil 03/Teluk Pucung didampingi oleh bapak.Rohadi dari dinas perikanan dengan  penyampaian Tahap Pemijahan lele antara lain:
1.Seleksi indukan
– Jantan kelamin panjang di ujung kelamin merah dan betina kelamin datar perutnya agak buncit,
2.proses perkawinan,
– Siapkan air di kolam setinggi 20 cm,
– Masukkan kakaban atau ijuk
– Masukan induk yang siap pijah
3.Proses penetasan ,
– Induk akan bertelur setelah 12 jam  setelah 12 jam induk di angkat kembali ke kolam indukan.
– Setelah 24 jam telur menetas yang di sebut dengan karva.
4.proses pemeliharaan
– Setelah menetas 3 hari kemudian karva di kasi makan cacing sutra atau kutu air
– Setelah karva umur 2 minggu di kasih pelet sampai pembesaran.
– Setelah 4 bulan kemudian bisa di panen atau komsumsi.

Ibu Pinen dari dinas perikanan Kota Bekasi menjelaskan dalam pembinaan ketahanan pangan budidaya ikan lele paling gampang dan untuk gigi dari ikan lele sangat tinggi,dalam rangka peternakan budidaya  ikan lele bisa kita laksanakan untuk pangan sendiri dengan menggunakan terpal, dan tidak perlu untuk menggunakan lahan luas.

Dinas perikanan siapa membantu dan bersinergi dengan Kodim 0507/Bks dalam pengembangan budidaya ikan lele khususnya dengan babinsa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di wilayah masing masing.
Dalam pemanfaatan lahan kosong yang ada di sekitaran kita masing masing bisa dengan cara terpal dengan sistem 2×2 bisa di tebar bibit sebanyak 2000 ekor.

Sistem peternakan budidaya lele sangatlah mudah dan bisa kita kembangkan dengan memanfaatkan pembuatan kolam yang ada genangan genagan air di wilayah masing masing. Semoga dengan sosialisasi peternakan budidaya lele ini rekan rekan babinsa di wilayah bisa membantu kesulitan masyarakat binaan masing masing dengan mengajak masyarakat untuk mengembangkan peternakan budidaya ikan lele,yang hingga nantinya masyarakat bisa untuk memenuhi kehidupan sendiri, tidak perlu harus belanja ke pasar untuk di komsunsi,” paparnya.

Pihak dinas perikanan mengucapkan banyak terimah kasih kepada pihak Kodim 0507/Bks yang sudah membuat kegiatan ini mudah mudahan bisa dilanjutkan mensosialisasikan kepada warga masyarakat,”pungkasnya.(red)

News Feed