oleh

Anggaran Perbaikan Bencana Gunung Sinabung Rp70 Miliar

OKEBUNG|
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo memprioritaskan anggaran perbaikan dan pembangunan infstruktur di 17 Kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara akibat bencana Gunung Sinabung,Kab Tanahkaro,Prov Sumatera Utara.

 
Pemerrintah Kabupaten Tanah Karo melalui Dinas Pekerjaan Umum pada 2015, menganggarkan dana berkisar Rp70 miliar untuk fokus tiga program pekerjaan.

Dana ini direncanakan terbagi dalam tiga proyek pekerjaan yakni, pengairan, bina marga dan cipta karya. Ketiga kegiatan fokus kerja masing masing memiliki pagu anggaran disesuaikan dengan kebutuhan nilai pekerjaan yang akan dilakukan.

Kadis PU Kabupaten Karo, Ir Paten Purba menjabarkan dana yang dianggarkan pada tahun 2015 yaitu untuk pengairan senilai Rp18 miliar, bina marga Rp37 miliar, cipta karya Rp22 miliar.

“Saat ini, program paling penting yang sudah dikerjakan PU melalui balai besar dalam menangani drainase untuk jalur lahar dingin Gunung Sinabung di Desa Sukatendel Kecamatan Tiganderket. Selanjutnya menyusul Kecamatan Simpang Empat, Payung perbatasan lokasi Titi Sikambing, Desa Mardinding dan lokasi lainnya,” jelasnya, Rabu (13/05/2015).

Paten juga mengatakan dana Rp70 miliar belum bisa mengakses semua kebutuhan pembangunan di desa-desa pada 17 kecamatan di Karo.

“Pembangunan dilakukan PU bersifat prioritas karena ada bencana Sinabung. Sedangkan untuk prasarana umum seperti irigasi, jalan belum bisa dikerjakan tahun ini,” ujarnya.

 
Paten juga berharap masyarakat bisa kerjasama dengan Pemkab dalam mengawasi pembangunan yang akan dilaksanakan di daerahnya masing-masing.

“Untuk pembangunan di daerah relokasi, PU telah mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum agar bisa membantu dalam segi pendanaan,” pungkas Paten.(okezone\net)

Foto |dok.net\

News Feed