oleh

Amerika Serikat Segera Perluas Serangan Terhadap ISIS

OKEBUNG|
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama saat ini tengah menargetkan sejumlah pertahanan inti kelompok ISIS di Suriah.Saat ini Obama memperluas serangan terhadap kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Tak hanya itu saja, pemerintah Amerika Serikat juga sedang mempertimbangkan langkah-langkah termasuk mencegah anggota ISIS lainnya memasuki wilayah Suriah dan Irak. AS pun bermaksud memberikan bantuan kepada kelompok pemberontak Suriah yang moderat dan mempeluas serangan udara ke titik-titik kumpul militan ISIS.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (10/9/2014), Obama akan mengumumkan kepada seluruh warga  mengenai strategi dan taktik AS dalam perlawanan melawan ISIS.

Kelompok ekstremis sunni di Irak dan aksi teror pemanggalan kepala dua wartawan AS telah menjadi ancaman bagi masyarakat  internasional. Hal ini menjadi landasan kuat bagi Parlemen AS untuk melakukan ekspansi milter terhadap ISIS.

Sejauh ini, Obama menahan diri melakukan intervensi terhadap Suriah, dimana ISIS berniat menggulingkan kekuasaan Presiden Bashar al-Assad. “Kekacauan di negara itu memberikan ISIS sebuah “tempat yang nyaman,” Kata Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest.

Obama telah bertemu dengan Ketua DPR AS John Boehner, Pemimpin partai Demokrat Nancy Pelosi, Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid dan Pemimpin Senat dari Partai Republik Mitch McConnell. Diskusi di antara pejabat ini memberikan pertimbangan politik kepada Obama serta menilai reaksi kongres atas tindakan agresif itu.

Kepada pemimpin Kongres, Obama mengatakan “dia memiliki kewenangan dalam mengambil tindakan terhadap ISIS. Obama meminta Kongres untuk sepakat atas anggaran 500 miliar dolar untuk mempersenjatai dan melatih kelompok moderat pemberontak Suriah. (Okz/Net)

Foto:Barack Obama/Net/

News Feed