oleh

Akhirnya Poldasu Titipkan 59 Satwa Unggas Dilindungi ke BKSDA

OKEBUNG|
Akhirnya hasil penggerebekan
petugas Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Poldasu yang menemukan puluhan satwa dilindungi jenis unggas di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Satria, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi,Sumatera Utara dalam penggerebekan pada Selasa 19 Mei lalu,diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)

Kepada wartawan, Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Ahmad Haydar didampingi Kasubdit Tipiter AKBP Robinson Simatupang bersama petugas BKSDA menjelaskan bahwa ke-59 satwa unggas dilindungi di lokasi itu terdiri atas 5 ekor cendrawasih ekor kuning, 2 ekor bayan/nuri, 9 ekor beo nias, 1 ekor nuri merah kepala hitam, 1 ekor rangkong badak, 1 ekor julang mas, 3 ekor kakak tua seram, 5 ekor kakak tua raja hitam, 9 ekor kakak tua Kecil jambul jingga, 6 ekor mambruk, serta 12 ekor jalak bali.

Kombes Ahmad menyebutkan bahwa dalam kasus ini pihaknya telah memeriksa 6 saksi pekerja di lokasi. Dalam kasus ini, pemilik penangkar beritikad baik menyerahkan satwa yang dilindungi itu kepada pemerintah. Untuk itu, sebutnya, pihaknya memberlakukan penerapan sanksi pidana dilaksanakan sebagai sanksi terakhir, setelah sanksi administratif diberlakukan (azas ultimum remedium).

Untuk penangananan selanjutnya,lanjutnya,Poldasu akan menitipkan ke-59 satwa unggas dilindungi itu ke BKSDA. Sementara, si pemilik tetap dapat memelihara satwa unggas lain yang tidak termasuk dalam daftar dilindungi, serta satwa unggas yang didatangkan dari luar negeri.

Terpisah, Kepala Seksi Perlindungan Pengawetan dan Perpetaan BKSDA Provinsi Sumut, Joko Iswanto, mengatakan, setelah menerima titipan 59 unggas dilindungi itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membahas penanganan demi memberi kesejahteraan hidup kepada ke-59 unggas itu.[fkm\el]

Foto. |ilustrasi\

News Feed