oleh

Akhir Pekan Laju Emas Global Baru Sedikit Lebih Rendah

NEW YORK -OKB|
Akhir pekan nilai harga emas global berakhir sedikit lebih rendah, dan mengurangi kerugian yang terjadi selama awal sesi. Pernyataan Ukraina bahwa pasukannya telah terlibat dalam penembakan mobil lapis baja Rusia telah membuat aset safe haven kembali digemari.

Palladium naik ke level tertinggi baru selama 13-tahun terakhir, di tengah kekhawatiran pasokan dan beberapa permintaan safe haven, karena ketegangan terbaru di Rusia-Ukraina.

Investor kembali memilih emas dan US Treasuries setelah Ukraina mengatakan pasukannya telah menyerang dan menghancurkan sebagian mobil lapis baja Rusia yang menyeberang ke wilayah Ukraina. Moskow mengatakan pasukannya tidak menyeberang ke Ukraina, dan menuduh Kiev berusaha menyabotase pengiriman bantuan.

“Berita itu jelas membantu emas naik tinggi dan menunjukkan bahwa emas sangat rentan terhadap ketegangan geopolitik. Ketika perkembangan ini mendingin, Anda akan melihat pasar emas kembali ke bawah,” tutur broker komoditas di RJ Senior O’Brien, Phillip Streible, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (16/08/2014).

Emas jenis Spot turun 0,7 persen menjadi USD1.303,90 per troy ons. Emas sempat dijual USD1,292.40 per troy ons sebelum berita Ukraina tersebut. Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman Desember ditutup turun USD9,50 menjadi USD1.306,20 per troy ons.

Awal sesi, emas turun lebih dari 1 persen karena permintaan fisik yang lemah, keuntungan dalam ekuitas AS dan data inflasi produsen lemah. Tapi saham jatuh setelah berita dari Ukraina, sementara harga obligasi acuan 10-tahun Treasury AS naik.
(Okezone)
Foto:Ilustrasi/

News Feed